Flu Babi

Warga Indonesia Diminta Hindari Meksiko

VIVAnews - Meski tak sampai mengeluarkan larangan berkunjung (travel warning) ke Meksiko, Departemen Luar Negeri mengimbau masyarakat Indonesia menunda perjalanan ke Meksiko, sekiranya tak ada hal yang bersifat mendesak.

Tak hanya virus flu babi (swine flu) yang diwaspadai. Departemen juga meminta masyarakat Indonesia mewaspadai flu Singapura yang telah tersebar secara sporadis di beberapa negara, khususnya di negara-negara Asia berpenduduk padat ataupun memiliki sistem sanitasi yang kurang baik.

"Departemen Luar Negeri menghimbau warga negara Indonesia agar menunda atau mengubah rute perjalanan sampai kondisi penyebaran virus flu babi dan penyakit flu Singapura dapat diatasi," seperti dikutip dari laman Departemen Luar Negeri.

WNI yang berada  menuju atau melalui Meksiko dan wilayah Amerika Utara, atau negara-negara yang ditengarai terlutar diminta waspada dengan segala bentuk penularan virus flu babi yang diindikasikan sementara menyerang sistem pernafasan manusia. "Lengkapi diri dengan alat pengaman pernapasan (masker), sarung tangan dan alat pengaman kesehatan lain yang diperlukan."

Imbauan tak hanya ditujukan bagi warga, namun juga badan hukum Indonesia yang mempunyai kerjasama impor dengan perusahaan asing ddi wilayah terdampak. Badan hukum diminta aktif melakukan upaya pencegahan dini masuknya penyakit virus babi dan virus flu Singapura melalui peningkatan standar mutu kesehatan setiap produk impor atau pun tindakan lain yang dipandang perlu.
 
Data Departemen Luar Negeri menyebutkan hingga saat ini, belum terdapat informasi WNI di luar negeri yang menjadi korban maupun diduga terserang flu babi. Jumlah Warga Negara Indonesia yang tercatat di seluruh Perwakilan RI adalah 3.147.211 WNI dan di Meksiko tercatat sebanyak 309 WNI, sedangkan di Amerika Serikat tercatat sebanyak 50.731 WNI.

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed
Rezky Aditya

Viral Rezky Aditya Terciduk Dispatch Korea, Citra Kirana: Si Paling Pede!

Rezky Aditya dan Citra Kirana baru-baru ini berlibur ke Korea Selatan. Menariknya dalam liburan bersama keluarga kecilnya kali ini, Rezky Aditya keciduk Dispatch. 

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024