Dephub dan Pelindo Sepakat Tarif Lini 2

VIVAnews - Departemen Perhubungan dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) mencapai kesepakatan mengenai penerapan tarif lini 2. Dalam waktu dekat, Departemen Perhubungan menerbitkan surat keputusan mengenai penerapan tarif itu.

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal, di Tangerang, Banten, Kamis 30 April 2009. 

Menurut Jusman, kesepakatan antara Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sudah tercapai. "Setelah ini, formulasi tarif penghitungan keluar masuk barang (tarif tally) akan menyusul," katanya. Pemerintah, kata Jusman, akan membenahi pungutan-pungutan di pelabuhan.

Dia mengatakan, prinsip utama penerapan tarif pelabuhan menggunakan prinsip akuntabilitas dalam struktur biaya yang harus dikeluarkan pengguna. "Kalau ada layanan A bayarannya sekian, semuanya jelas," tutur Jusman.

Tarif pungutan yang transparan di pelabuhan, pungutan liar yang selama ini dikeluhkan berbagai pihak bisa dihindari. Selama ini tarif di pelabuhan diperoleh berdasarkan kesepakatan. Akibatnya, seringkali pengusaha dirugikan dengan tarif liar.

Gandeng Animator Indonesia, 3 Hal Harus Diketahui dari Film Kingdom of the Planet of the Apes
Pemain Persija merayakan gol

Turnamen Internasional: Persija dan PSIS Hadapi 2 Klub Liga Malayisa di JIS

Dua klub Liga 1 Persija Jakarta dan PSIS Semarang bakal berhadapan dengan dua klub Liga Malaysia, Selangir FC dan Sabah FA dalam Turnamen bertajuk RCTI Premium Sports.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024