Flu Babi

Pembuatan Vaksin Paling Cepat 2 Bulan

VIVAnews - Virus flu babi tergolong baru sehingga mencari antibodinya bukan perkara mudah. Pembuatan antivirus ini paling cepat memakan waktu delapan minggu.

"Ini paling cepat," ujar Ketua Komisi Nasional Komisi Pengendalian Flu Burung dan Kesiapsiagaan menghadapi Pandemi Influenza (FBPI) Bayu Krishnamurti di Jakarta, Kamis 30 April 2009.

Menurut dia, virus ini berdasarkan penelitian di seluruh dunia merupakan virus baru sehingga untuk mencari antibodinya masih sulit. Namun, kata dia, virus ini masih tetap jenis H1N1.

Karenanya, kata Bayu, untuk mengantisipasi penyebaran virus ini langkah-langkah pencegahan yang sudah diambil pemerintah maupun dunia internasional merupakan yang terbaik dari sebelumnya.

Sayangnya hingga kini belum ada kepastian keganasan dari virus ini sehingga antisipasi lebih dalam belum bisa dilakukan. "Semua skenario yang pernah kita lakukan untuk mengatasi pandemiĀ  sebelumnya tidak relevan lagi dengan kondisi sekarang," kata dia.

Terlepas dari itu, Bayu menuturkan setidaknya dengan langkah-langkah yang sudah dibuat pemerintah bisa menahan penyebaran virus tersebut.

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping
Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menyampaikan hasil survei.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Qodari mengatakan jika Paslon 01 dan 03 serius, seharusnya mereka ajukan gugatan pencalonan Gibran ke PTUN sejak awal saat pendaftaran peserta Pilpres 2024 ditetapkan KPU

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024