DKI Jakarta Peroleh Angka PHK Tertinggi

VIVAnews - Provinsi DKI Jakarta memperoleh angka Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tertinggi yakni sebanyak 17.150 pekerja. Data Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi per 24 April 2009 menyebutkan PHK di DKI Jakarta didominasi sektor manufaktur.

Total angka PHK yang terhimpun mencapai 49.175 orang pekerja dari 16 provinsi, di antaranya Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, DI Yogyakarta, dan Papua.

Jumlah PHK tersebut meningkat dari angka tanggal 17 April 2009, yang sebanyak 44.757 orang. PHK banyak juga terjadi di Jawa Tengah, terutama di Kabupaten Boyolali, Sukoharjo, dan Kendal.

Berburu Cuan Lewat Gajian

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Depnakertrans Myra Maria Hanartani dalam nota dinas yang diterima VIVAnews menyebutkan PHK di Jawa Tengah mencapai 9.732 pekerja.

Ribuan pekerja kena PHK juga terjadi di Provinsi Banten (5.497 pekerja), Provinsi Jawa Barat (3.374 pekerja), Provinsi Riau (1.697 pekerja), Provinsi Sumatera Selatan (1.497 pekerja), dan Provinsi Jawa Timur (1.374 pekerja).

Sebaliknya, beberapa provinsi belum melaporkan telah terjadi PHK, di antaranya Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Lampung, Bali, NTB, NTT, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku, dan Irian Jaya Barat.

Sementara itu, pekerja dirumahkan tercatat sebanyak 21.740 pekerja dari Provinsi Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Riau, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimanta Timur. Angka tersebut meningkat dari sebelumnya pada tanggal 17 April 2009 yang sebanyak 21.043 pekerja.

Perumahan karyawan terbanyak terjadi di Kabupaten Semarang yakni sebanyak 3.807 pekerja, Kabupaten Purbalingga sebanyak 2.849 pekerja, dan Kabupaten Perajam Pasir Utara sebanyak 1.800 pekerja.

Ilustrasi di kantor polisi.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Kepolisian menurunkan tim untuk menjaga rumah Via Vallen saat penggerudukan berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024