Hadapi Krisis Global

Tak Bahas Proteksi, ASEAN Integrasikan Pasar

VIVAnews - Para Menteri Keuangan negara-negara anggota ASEAN akan fokus mengembangkan integrasi pasar ASEAN menghadapi krisis ekonomi yang melanda dunia saat ini.

"Untuk mengejar pemulihan ekonomi dan penguatan stabilitas, kami akan mengembangkan integrasi pasar ASEAN," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Bali, Sabtu, 2 Mei 2009.

Hari ini, para Menteri Keuangan ASEAN membahas sejumlah inisiatif ekonomi dan keuangan yang akan diimplementasikan guna meningkatkan efisiensi dan kemakmuran di kawasan ASEAN. 

Menurut dia, integrasi pasar ini bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kerja sama dan berbagi informasi antar sesama negara ASEAN.

Vietnamese EV Taxi Service Push Sustainability Agenda with VinFast

Sri Mulyani menekankan para menteri ASEAN tidak membahas soal proteksi yang akan dilakukan oleh negara-negara anggota guna menghadapi krisis.

Akibat krisis ekonomi global, ADB memperkirakan pertumbuhan ekonomi ASEAN akan menurun di bawah 1 persen. Namun, akan kembali pulih di kisaran 4,2 persen pada 2010.

Setiap negara anggota ASEAN juga sudah mempresentasikan mengenai sejumlah kebijakan yang mereka ambil menghadapi imbas krisis global. Kebijakan itu mencakup sektor keuangan, moneter dan stimulus fiskal.

Makin Naik Daun, Brand Lokal Produk Kecantikan Kian Diminati
Ilustrasi utang.

5 Negara yang Paling Jarang Utang di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

Tidak semua negara di dunia ini mengandalkan utang dalam proses pembangunan dan pengelolaan pemerintahannya. Ada lima negara yang memiliki tingkat utang paling rendah.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024