Sauna Bikin Langsing?

VIVAnews - Ruang uap (steam room) atau sauna bermanfaat untuk mempercepat hilangnya rasa lelah, namun bukan untuk menurunkan berat badan. Berat badan Anda yang berkurang sehabis masuk sauna atau steam room disebabkan oleh keluarnya sejumlah air dari tubuh Anda, bukan karena hilangnya lemak. Dan jika Anda segera minum sehabis keluar dari ruang sauna, maka berat badan Anda akan kembali seperti semula.

Sauna dapat menyebabkan Anda merasa lelah seperti habis berlatih dengan treadmill. Hal ini disebabkan karena tubuh bekerja cukup keras untuk mencegah terjadinya kepanasan yang berlebihan.

Bila ingin menurunkan berat badan, sauna atau steam room bukanlah pilihan yang tepat. Jangan mencari cara untuk menurunkan berat badan tanpa melakukan latihan-latihan olahraga. Latihan-latihan dengan treadmill dan aktivitas kardiovaskuler yang lain, selain membakar lemak saja juga memiliki manfaat lain. Misalnya, membuat jantung dan paru-paru sehat, mengencangkan otot-otot,  dan meningkatkan energi Anda. Sedangkan sauna  tidak memberikan manfaat ini.    

Sauna atau steam room hanya akan mendatangkan rasa nyaman di tubuh, tanpa menurunkan berat badan. Minumlah banyak air pada waktu Anda berada di dalam sauna maupun sesudahnya, terutama jika Anda baru saja melakukan latihan. Karena jika Anda sebelumnya melakukan latihan dulu, maka Anda telah mengalami sedikit dehidrasi, ditambah dengan  keluarnya keringat  yang berfungsi mendinginkan tubuh sendiri. 

Bila Anda menderita tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, penyakit tiroid, atau Anda sedang hamil, sebaiknya jangan masuk ruang sauna. Oleh karenanya, ada baiknya berkonsultasi lebih dahulu pada dokter Anda sebelum mencoba sauna atau steam room.

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Istana Tegaskan Jokowi Tidak Ada Agenda Kunjungan Kerja ke Surabaya

Pelaksana Tugas Deputi Protokol dan Pers Media Istana Presiden, Yusuf Permana menegaskan tidak ada jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kunjungan kerja ke Surabaya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024