Malas Bercinta = Frigid?

VIVAnews - Banyak hal yang membuat wanita malas berbercinta. Di antaranya adalah trauma kehamilan (takut hamil), penggunaan kontrasepsi, dan adanya kerusakan-kerusakan di sekitar vulva (dinding vagina) akibat persalinan.

Selain itu, wanita yang habis melahirkan juga mengalami perubahan susunan hormonal tubuh, yaitu perubahan kadar estrogen dan progesteron yang berakibat sebagai penurunan selera seksual. Keengganan berbercinta juga dapat datang karena adanya rasa gelisah, depresi, lelah, ngilu pada alat genital (dalam dan luar), dan lubrikasi yang berkurang.

Dulu, ada larangan untuk melakukan bercinta sehabis melahirkan, selama masa nifas. Tak jarang, larangan ini keterusan hingga batas waktu yang sukar diduga. Akibatnya, banyak wanita yang enggan ‘memulai kembali’ kehidupan seksualnya dengan suami.

Pekerjaan seorang ibu yang baru melahirkan sudah pasti akan bertambah, belum lagi ditambah dengan proses menyusui. Kegiatan itu tentu akan melelahkan. Ketika tiba saatnya untuk berhubungan intim, maka yang tersisa hanya rasa lelah dan capai.

Beberapa hal di atas sangat besar pengaruhnya terhadap kehidupan seksual seorang wanita. Keadaan seperti itu biasanya berlangsung hingga terjadi ovulasi, bahkan dapat terjadi selama 18 bulan setelah melahirkan. Oleh karenanya, keadaan tak menentu seperti di atas harus segera diatasi, sebelum berpengaruh terhadap kehidupan seks, juga kegiatan sehari-hari yang lain.

Postur tubuh pun akan banyak sekali berubah setelah melahirkan. Perut yang membuncit, payudara membesar, kadang-kadang dapat mempengaruhi kepercayaan diri, harga diri, juga selera terhadap seks.

Bila Anda tidak ingin kehilangan gairah seks, tetapi juga tak berselera untuk kembali menjadi pasangan layaknya pengantin baru, pikirkan bahwa Anda tidak sendirian. Kebanyakan wanita yang sudah melahirkan mengalami hal yang sama. Coba pulalah untuk kembali pada dokter kandungan Anda untuk dilihat keseimbangan hormon.

Jika merasa lelah, ada baiknya Anda beristirahat yang cukup sebelum suami pulang kerja. Dengan demikian, kelelahan dapat diatasi. Atau, carilah tenaga tambahan (suster, pembantu rumah tangga, dan lain-lain) untuk meringankan pekerjaan Anda sehari-hari.

Sosok Matias Gobay, Dalang OPM atas Penembakan Keji Danramil Aradide
ilustrasi kelopak mata

7 Warna Bola Mata Paling Langka di Dunia, Hanya 2 Persen Populasi yang Punya

Mata salah satu indera manusia yang memiliki fungsi penglihatan. Mata digunakan sebagai melihat objek yang jauh maupun yang dekat

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024