Jelang Pemilu AS

Obama Borong Jam Tayang Iklan di TV

VIVAnews - Pemilu AS tinggal enam hari. Kedua kandidat menggunakan segala cara untuk berusaha memenangkan hati para pemilih. Kandidat Presiden Partai Demokrat Barack Obama yang memiliki dana berlimpah, membeli jam-jam utama di jaringan televisi terkemuka di AS untuk menyampaikan  pesan-pesannya selama 30 menit. Tayangan ini akan muncul pada hari Rabu 29 Oktober 2008, pukul 8 malam.

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Selain iklan, Obama juga memberi wawancara untuk para presenter dari jaringan televisi terkemuka dan muncul dengan mantan Presiden Bill Clinton pada kampanya yang bertepatan dengan disiarkannya berita malam.

Kampanye televisi ini diluncurkan setelah Obama memimpin secara nasional dan dalam jajak pendapat di beberapa “swing states’, melampaui pesaingnya kandidat partai Republik John McCain. Iklan ini upaya Obama untuk memenangkan suara pemilih yang masih bimbang, langsung dari kursi mereka di rumah.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Ini adalah upaya paling besar Obama dalam beriklan. Sangat jarang seorang kandidat memblok siaran jam utama untuk bercerita tentang dirinya. Tentu ada harga yang sangat mahal untuk membeli jam tayang ini.

Iklan ini akan menampilkan potongan video dari orang-orang biasa yang membicarakan kesulitan yang mereka hadapi, dan menjelaskan bagaimana Obama bisa membantu. Penasihat kampanye Obama menyatakan dalam rekaman iklan itu akan ada tayangan langsung Obama yang sedang berkampanye di Florida.

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024

Tim kampanye Obama membeli jam siar di televisi CBS, NBC, dan Fox dengan biaya sekitar US$1 juta atau 10 miliar rupiah per jaringan.

Iklan spot akan tayang pada pukul 8 malam waktu Amerika bagian timur, dan dijadwalkan akan tayang juga di Univision, BET, MSNBC dan TV One.

Memiliki dana yang melimpah dari penggalangan dana yang mencatat rekor tinggi, Obama menggunakannya untuk membeli jam siar di media, hal yang tak dilakukan McCain.

McCain membeli banyak jam tayang untuk iklan juga. Tapi perbedaan antara Obama dan McCain sangat lebar. Ini memungkinkan Obama untuk membelanjakan dana lebih di lebih banyak negara bagian, muncul lebih sering di tempat-tempat yang potensial dan membuat variasi yang lebih banyak dari pesan-pesannya. Beberapa positif, beberapa negatif.

Obama berkampanye di North Carolina dan Florida Rabu 29 Oktober 2008 ini. Selama di Raleigh North Carolina, Obama akan diwawancara Charlie Gibson dari acara World News televisi ABC. Kemudian di Florida Obama akan melakukan rekaman untuk acara The Daily Show dengan Jon Stewart, yang akan ditayangkan apda pukul 11 malam.
Pada jam yang sama Obama dijadwalkan tampil di kampanye untuk pertama kalinya dengang Bill Clinton.

Penampilan bersama mantan presiden dan calon presiden di Kissimmee Florida ini tentunya akan menarik perhatian liputan media lokal maupun nasional.

Hari kamis, Obama akan memberikan wawancara kepada Brian Williams, presenter acara Nightly News televisi NBC dan Rachel Maddow, pembawa acara petang di MSNBC.(AP)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya