Hamilton Juara Dunia dengan 'Syarat Minimal'

VIVAnews – Lewis Hamilton sukses memenangi arena F1 musim 2008. Keberhasilan pembalap McLaren asal Inggris ini menjadi juara dunia diraih setelah memenuhi ‘syarat minimal’, finish di posisi kelima, di GP Brazil yang digelar Minggu 2 November 2008 (Senin dinihari WIB).

Hasil final klasemen pembalap menunjukkan Hamilton punya 98 poin. Unggul 1 poin dari saingan terdekatnya Felipe Massa yang menggunakan Ferrari. Massa sendiri di seri terakhir, GP Brazil, berhasil menjadi yang tercepat. Sayang tambahan 10 poin tak berarti apa-apa untuknya dalam usahanya meraih gelar juara dunia.

Hamilton menjadi juara termuda dalam sejarah F1.  Umurnya saat GP Brazil digelar adalah 23 tahun, 9 bulan dan 26 hari. Rekor juara dunia termuda sebelumnya dipegang Fernando Alonso yang saat menjadi juara dunia berusia 24 tahun, 1 bulan dan 7 hari. Hamilton juga menjadi pembalap kulit hitam pertama yang jadi juara.

Massa yang gagal menjadi juara kedua memang tak bisa menyembunyikan rasa kecewanya. Pasalnya hingga lap terakhir, Hamilton masih berada di posisi keenam. Sampai akhirnya di tikungan terakhir ia berhasil menyalip pembalap Toyota Timo Glock yang ngotot memakai ban kering di trek basah.

Hamilton memang sukses menjadi juara dunia. Namun musim ini ia hanya mampu menang di lima seri saja. Sementara Massa, menang di enam seri. Andai saja Hamilton gagal melewati Glock, poin Hamilton dan Massa akan sama, 97. Namun Massa lah yang jadi juara dunia karena menang di lebih banyak seri.

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Fakta memang menyebutkan Hamilton menjadi juara dunia. Namun publik balap, terutama orang Brazil dan pendukung Ferrari, punya alasan yang bagus untuk meragukan kelayakan Hamilton.

Ferrari harus puas dengan gelar hiburan dengan meraih juara konstruktor dengan 172 poin. McLaren (151) dan BMW Sauber (135) menyusul di posisi kedua dan ketiga.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini


Hasil GP Brazil

1      F. Massa      Ferrari     
2      F. Alonso     Renault    
3      K. Räikkönen     Ferrari    
4      S. Vettel     Toro Rosso    
5      L. Hamilton     McLaren    
6      T. Glock     Toyota        
7      H. Kovalainen     McLaren    
8      J. Trulli     Toyota        
9      M. Webber     Red Bull    
10     N. Heidfeld     BMW        
11     R. Kubica     BMW        
12     N. Rosberg     Williams    
13     J. Button     Honda        
14     S. Bourdais     Toro Rosso    
15     R. Barrichello     Honda        
16     A. Sutil     Force India F1    
17     K. Nakajima     Williams    
18     G. Fisichella     Force India F1

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23
Praz Teguh.

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Bagi Praz Teguh, ketika melihat seorang wanita ia tidak suka memandangi bagian dada ataupun pinggang yang menunjukkan seberapa seksi tubuh wanita itu. Tapi dari mata kaki

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024