Badan POM Bandung Tarik Produk Bermelamin

VIVAnews-Meski Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan 28 daftar  makanan yang harus ditarik dari pasaran karena diduga mengandung melamin. Namun hingga hari ini masih terlihat dipasaran.

Dalam supervisi rutin penyisiran produk makanan atau minuman di pasar modern, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandung menemukan kembali produk China Oreo Stick Wafer yang mengandung melamin di Carefoure Depok.

Menurut Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen BBPOM Bandung Siti Nurhaniah, pihaknya menemukan sebanyak 18.360 Oreo Stick Wafer ukuran 18 gram yang masih jajakan Carefoure Depok untuk dijual ke masyarakat.

"Kami langsung menyita semua makan tersebut, karena bila dikonsumsi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Zat tersebut dapat menyebabkan kanker, kerusakan pada reproduksi, kandung kemih, dan batu ginjal," ujarnya.

Produk China yang disita tersebut lanjut Siti, langsung dimusnakan dengan cara dibakar pada sore tadi di wilayah Depok.

Sementara itu disinggung mengenai sangsi yang akan dijatuhkan kepada pihak pengelola Carefoure Depok, karena masih menjual barang tersebut, Siti mengaku, saat ini pihaknya masih melakukan proses penyelidikan.

"Bila perbuatan itu disengaja, maka akan kami jerat dengan undang-undang perlindungan konsumen biar memberikan efek jera," pungkasnya.

Laporan: Sigit Zulmunir/Bandung

Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, dalam acara pemusnahan 11 jenis komoditi impor ilegal dengan nilai pabean mencapai Rp 9,33 miliar, di wilayah Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 28 Maret 2024.

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

Zulhas menegaskan, barang-barang impor memang seharusnya dikenakan pajak saat masuk ke dalam negeri.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024