BI Rate Tetap

Suku Bunga Deposito Bakal Turun



VIVAnews - Kalangan perbankan diperkirakan bakal menurunkan suku bunga deposito menyusul kebijakan Bank Indonesia mempertahankan suku bunga acuan BI Rate di level 9,5 persen.

"Saya kira 15 - 20 bank papan atas akan menurunkan suku bunga deposito pada November ini," ujar Kepala Grup Perencanaan Strategi BRI, Djoko Retnadi kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis, 6 November 2008. "Sebab, bank-bank itu tidak lagi menghadapi kesulitan likuiditas."

Saat ini, menurut dia, perbankan rata-rata mematok suku bunga deposito di kisaran 10 persen. Namun, dengan langkah bank sentral menjaga BI Rate, maka bunga deposito diperkirakan akan menurun di kisaran 9 persen. "Biasanya, bank lebih mudah menurunkan bunga deposito ketimbang suku bunga pinjaman."

Penurunan bunga deposito itu juga sangat mungkin terjadi lantaran kondisi likuiditas perbankan saat ini juga sudah meluber. Data proyeksi BI pada pukul 08.30 WIB menunjukkan likuiditas di pasar domestik di kisaran Rp 114,43 triliun. "Jadi, perbankan saat ini umumnya tidak lagi menghadapi persoalan likuiditas."

Pada Oktober lalu, setelah krisis keuangan merebak, lembaga keuangan memang dihantui oleh kekeringan likuiditas. Situasi itu terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Akibat kesulitan likuiditas itulah terjadi perang suku bunga simpanan oleh perbankan untuk menarik dana nasabah.
 
Menurut Djoko, kemungkinan penurunan suku bunga deposito akan lebih tajam, jika pada bulan depan BI menurunkan BI Rate. Saat ini, menurut dia, BI tidak berani menurunkan bunga acuan karena kurs rupiah belum stabil. Namun, jika bulan ini rupiah sudah stabil di level 10.500, maka BI tidak ada alasan untuk mempertahankan BI Rate.

KAI Minta Maaf Atas Insiden KRL Anjlok Lintas Kampung Bandan-Rajawali
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Banten Abdul Mukhlis mengecek kesiapan SPKLU di rest area tol Jakarta - Merak KM 68 untuk menghadapi arus balik mudik libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

Persiapan Layani Arus Balik, GM PLN Banten Pastikan Operasional SPKLU Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan siaga menjaga SPKLU, termasuk saat arus balik libur Idul Fitri yang diyakini mulai dipadat

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024