1 Juta Kendaraan di Jakarta Tak Bayar Pajak

VIVAnews - Lebih dari 1 juta kendaraan bermotor di Jakarta tak membayar pajak. Hal ini mengakibatkan kerugian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebesar Rp 240 miliar per tahun.

Data Dinas Perhubungan DKI Jakarta per 1 Maret 2008 menunjukkan, jumlah kendaraan roda dua dan roda empat yang terdaftar di Kepolisian Daerah metro Jaya sebanyak 5.869.344 unit. Dai jumlah itu, yang membayar pajak hanya 4.702.752.

Dengan demikian, total pembelot pajak sebanyak 1.166.592 unit kendaraan, yang didominasi kendaraan roda empat sebanyak 649.055 unit. "Hal ini mengakibatkan  pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak kendaraan tak mencapai target," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI M Tauchid, Kamis 6 November 2008.

Untuk mengatasinya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Metro Jaya dengan menerapkan penghapusan nomor kendaraan bagi pembelot pajak lima tahun berturut-turut atau lebih. "Gagasan ini juga untuk mengurangi jumlah kendaraan di Jakarta," ujar Tauchid.

Mengenai wacana pembatasan usia kendaraan untuk mengurangi peredaran kendaraan di Jakarta, Tauchid enggan berkomentar. Wacana itu masih dalam pengkajian mendalam, belum sampai tahap pembahasan bersama.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Widodo Beri Motivasi Pemain Arema FC Usai Takluk Dari Persebaya

Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono putro berusaha memberi motivasi para pemain usai kembali menelan kekalahan secara beruntun di Liga 1. Mereka kalah dari Persebaya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024