BI Juga Usul Penjaminan Interbank

VIVAnews - Bank Indonesia (BI) mengusulkan penjaminan interbank juga dilakukan agar dapat menurunkan bunga kredit akibat naiknya bunga interbank.
 
Direktur Penelitian dan Pengaturan BI Halim Alamsyah mengatakan beberapa bank kecil kini tidak bisa lagi menikmati pendanaan lebih murah karena suku bunga interbank naik menjadi lebih tinggi. Naiknya suku bunga interbank menyebabkan suku bunga kredit perbankan juga ikut naik.
 
Suku bunga beberapa bank tertentu menjadi lebih mahal karena adanya segmentasi yang dibuat oleh masing-masing bank. Namun jika segmentasi tersebut bisa dihilangkan, bank bisa menjadi lebih kompetitif.

Menurutnya dari dulu segmentasi sudah ada, dimana bank agak hati-hati meminjamkan dana. Hal itu yang membuat beberapa bank susah menerobos segmentasi tersebut, kecuali dengan membayar mahal. "Untuk itu jika jaminan penuh, maka segmentasi diharapkan sudah berkurang," kata Halim seusai rapat dengar pendapat di Dewan Perwakilan Daerah Jakarta Senin 10 November 2008.
 
Dia menegaskan secara keseluruhan, likuiditas perbankan sudah lebih dari cukup, hanya saja pemiliknya yang berbeda-beda atau tidak merata.
 
Dari sisi BI, otoritas moneter itu melihat keuntungan dan kerugian agar blanket guarantee itu lebih efektif dan tidak disalahgunakan.

Sebelumnya Deputi Gubernur Bank Indonesia Hartadi A Sarwono menyarankan pemerintah  agar Indonesia juga memberikan jaminan penuh atau blanket guarantee kepada semua dana nasabah di perbankan. Dengan begitu, pemerintah tak lagi membatasi hanya menjamin dana di bawah Rp 2 miliar.

Sebelum terjadi krisis, pemerintah menetapkan jaminan dana nasabah sebesar maksimal Rp 100 juta. Namun untuk mengantisipasi dampak krisis keuangan global, pemerintah mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perpu) soal jaminan dana nasabah yang dinaikkan menjadi maksimal Rp 2 miliar. Namun peningkatan penjaminan ini hanya meliputi 98 persen dana nasabah.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024