Topan Hagupit Porak-Porandakan Cina Selatan

VIVAnews – Topan Hagupit memporakporandakan Propinsi Guangdong di Cina bagian selatan, Rabu, 24 September 2008 pagi waktu setempat. Sampai berita ini diturunkan, sedikitnya enam orang meninggal dan dua orang hilang. Sebelum topan datang, 100 ribu warga telah mengungsi. Hembusan topan juga terasa di Hong Kong.

Namun lebih dari 4,94 juta orang di kota Maoming, Yangjiang, Zhuhai dan Jiangmen terkena dampak topan yang berhembus dengan kecepatan 172 kilometer per jam. Sebanyak 7.915 rumah rata dengan tanah. Pejabat markas besar Penanganan Bencana Kekeringan dan Banjir Propinsi Guangdong melaporkan sebanyak 38.980 hektar lahan pertanian juga rusak.

Selain itu, 870 pabrik berhenti berproduksi dan 34 jalan raya ditutup. Sebanyak 32 bendungan dan 287,8 kilometer saluran air rusak. Kerugian ditaksir mencapai 5,45 milyar yuan atau sekitar 7,4 trilyun rupiah.

Sebelum menghantam Guangdong, topan menyerang Hong Kong, Selasa malam waktu setempat dan menyebabkan 58 orang terluka karena tertimpa tiang-tiang yang roboh. Topan juga memicu munculnya air bah. Demikian ungkap pejabat pemerintah Hong Kong. Topan juga meninggalkan delapan korban tewas di Filipina.

Topan diprediksi akan menghantam Propinsi Guangxi yang terletak di sebelah barat Guangdong serta Pulau Hainan.

Sementara itu, pemerintah Vietnam mulai bersiap mengevakuasi warga yang tinggal di daerah rawan badai. Topan diperkirakan akan membawa hujan deras di Vietnam bagian utara dan bisa menyebabkan banjir. Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Tang Dung memerintahkan pemerintah lokal untuk mulai menampung bahan pangan dan obat-obatan di lokasi-lokasi yang sering terisolasi akibat banjir.

(xinhua, bbc)





Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik
Duel AC Milan vs AS Roma

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Duel AS Roma vs AC Milan dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024