Bulan Depan, Piagam ASEAN Mulai Berlaku

VIVAnews - Piagam Perhimpunan Negara Asia Tenggara (ASEAN) siap diberlakukan mulai bulan depan setelah diratifikasi oleh parlemen semua anggota. Thailand merupakan anggota kesepuluh sekaligus yang terakhir menyerahkan hasil ratifikasi piagam ke Sekretariat ASEAN.

Penyerahan hasil ratifikasi tersebut dilakukan oleh Duta Besar Thailand untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Don Pramudwinai, kepada Sekretaris-Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan di New York Amerika Serikat, Jumat pagi 14 November 2008 waktu setempat (Jumat malam WIB). Sesuai kesepakatan bersama, para anggota akan menerapkan Piagam ASEAN 30 hari setelah anggota terakhir menyerahkan hasil ratifikasi kepada pejabat tinggi sekretariat atau sekretaris-jenderal

Menurut Pitsuwan, ratifikasi Piagam ASEAN oleh semua anggota merupakan sesuatu yang patut dirayakan oleh 570 juta warga Asia Tenggara. "Ini berarti Piagam ASEAN dapat diberlakukan saat para pemimpin negara anggota mengadakan pertemuan tahunan," kata Pitsuwan. Pertemuan tingkat tinggi ASEAN tahun ini berlangsung pada 15-18 Desember di Thailand.  

Piagam ASEAN merupakan hukum dasar bagi organisasi yang telah berdiri sejak 8 Agustus 1967 tersebut. Selama 41 tahun, ASEAN tidak memiliki peraturan dasar layaknya suatu organisasi.

Namun dengan adanya Piagam ASEAN, institusi beranggotakan 10 negara di Asia Tenggara tersebut memiliki aturan yang jelas dalam menjalankan kegiatan dan hubungan antar anggota. Piagam ASEAN ditandatangani para pemimpin negara anggota pada pertemuan tingkat tinggi di Singapura November 2007. Piagam tidak akan diberlakukan sebelum disahkan oleh parlemen dari semua negara anggota.

Berdasarkan urutan kronologis, negara-negara anggota yang telah menyerahkan hasil ratifikasi Piagam ASEAN, yaitu Singapura, Brunei Darrusalam, Malaysia, Laos, Viet Nam, Kamboja, Myanmar, Filipina, Indonesia, dan Thailand.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Untuk mengetahui isi Piagam ASEAN, klik bagian ini

Nagita Slavina

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Tyas Mirasih saat itu ingin menjual tas miliknya kepada Nagita dan Raffi untuk membantu biaya pengobatan sang ibunda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024