Eksekusi Mati

Eksekusi Mati Amrozi Cs Dipastikan Tahun Ini

VIVAnews – Lebaran tahun ini dipastikan jadi lebaran terakhir bagi tiga terpidana mati Bom Bali I, Amrozi, Imam Samudra, dan Ali Gufron. Kejaksaan Agung memastikan eksekusi ketiganya akan dilakukan pada tahun ini. Namun, Juru Bicara Kejagung Jasman Panjaitan mengatakan tanggal pelaksanaan eksekusi belum bisa dipastikan. 

”Eksekusi memang setelah lebaran ini, tapi tidak betul sehari atau dua hari sebelum lebaran,” katanya dalam wawancara dengan VIVAnews Selasa, 30 September 2008. Jasman menepis isu pelaksanaan eksekusi bakal dilakukan pada 10 Oktober 2008.

Banyak hal yang mempengaruhi pelaksanaan eksekusi Amrozi Cs. Salah satunya, ”Banyak perlengkapan yang harus dipersiapkkan,” katanya. Menurut Jasman, Kejaksaan masih harus mempersiapkan salinan putusan mati yang jadi dasar eksekusi dan memenuhi hak-hak narapidana, seperti rohaniawan.

Menurut Jasman, uji materi UU tentang Tata Cara Pelaksanaan Hukuman Mati (UU no2/Pnps/1964) di Mahkamah Konstitusi yang diajukan Amrozi Cs tidak akan menghalangi rencana eksekusi.  ”Namun, kita harus matang untuk melaksanakannya,” katanya.

Selama menunggu masa eksekusi, katanya, hak-hak Amrozi Cs sebagai narapidana tetap dipenuhi. ”Lebaran keluarga juga masih boleh berkunjung,” katanya.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya
Ilustrasi bawang merah

Trade Minister Reveals Cause of Onions Price Hike

Indonesian Minister of Trade, Zulkifli Hasan revealed the cause of the increase in onions price.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024