FIF Tingkatkan Pembiayaan Motor Bekas

VIVAnews - PT Federal International Finance (FIF) akan meningkatkan pembiayaan motor bekas pada 2009. Hal itu seiring dengan prediksi kenaikan permintaan, meski penjualan kendaraan bermotor roda dua baru diperkirakan turun sekitar 15 persen.

Menaker Ida Sampaikan Pelaksanaan Pemberian THR Lebaran 2024, Tidak Boleh Dicicil

Namun, dari target sekitar 840 ribu unit pada 2009, perseroan optimistis dapat membiayai 750 ribu unit.

"Kami akan membidik konsumen yang berprofesi sebagai PNS (pegawai negeri sipil) dan buruh yang penghasilannya relatif stabil. Sedangkan di sektor komoditas cenderung fluktuatif," kata Direktur Pemasaran FIF Margono Tanuwijaya di Ciater, Jawa Barat, Jumat, 28 November 2008.

Dia menjelaskan, upaya untuk meningkatkan pembiayaan motor bekas tersebut didasarkan pada masih stabilnya permintaan, meski penjualan motor baru turun. "Padahal, risiko pemasaran kedua produk tersebut hampir sama," ujar dia.

Selama periode September 2008, lanjut Margono, pemasaran sepeda motor di Sumatera mencapai 34 persen, Jawa Barat (13 persen), dan Jawa Timur (11 persen). Penjualan sepeda motor tercatat 4,8 juta unit, dengan porsi penjualan merek Honda mencapai 2,29 juta unit. "Sekitar 67 persen di antaranya dibiayai secara kredit," kata dia.

Margono mengatakan, tingginya kenaikan penjualan sepeda motor di Sumatera karena adanya peningkatan harga komoditas yang sempat melonjak tinggi. Meskipun demikian, mulai September 2008, penjualan mulai turun, karena harga komoditas juga turun.

Sementara itu, pada kuartal III-2008, nilai pembiayaan naik 48,6 persen menjadi Rp 8,8 triliun dibanding periode sama 2007 sebesar Rp 5,9 triliun. Total aset naik 6,58 persen menjadi Rp 9,5 triliun dari sebelumnya Rp 8,6 triliun. Pada periode tersebut, pendapatan perseroan naik 3,06 persen dari Rp 3 triliun menjadi Rp 3,1 triliun.

SBY bersama Ibas Hadiri acara Jalan Sehat di Pacitan

Lolos ke Senayan, Ibas Yudhoyono Raih Suara Tertinggi di Dapil Jatim VII

Putra bungsu Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas berhasil melenggang ke Senayan dengan raihan suara tertinggi di dapilnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024