Pasar Tradisional

2009, Pemerintah Fokus Revitalisasi

VIVAnews - Pemerintah akan berkonsentrasi pada program percepatan revitalisasi pasar tradisional di seluruh Indonesia, setelah pemberlakuan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.53/2008.

Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?

"Setahun ke depan, revitalisasi ditargetkan meningkatkan kualitas pasar tradisional," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Departemen Perdagangan Subagyo di Jakarta, Rabu, 31 Desember 2008.

Menurut Bagyo, Permendag No.53/2008 memberikan kesempatan lembaga finansial untuk membiayai pengelolaan pasar. "Hal itu akan mendukung usaha pasar tradisional berbenah dan lebih bersaing," jelasnya.

Selama ini, kata dia, pasar tradisional seringkali tidak dapat mengimbangi perkembangan ritel modern yang memiliki modal besar. Sehingga, peraturan itu akan mendorong pengelola pasar terutama pemerintah daerah untuk membenahi kekurangan pasar di wilayahnya.

Bagyo mengakui, Permendag yang merupakan amanat Perpres 112/2007 itu akan menjadi pedoman pemerintah daerah dalam hal penataan pasar tradisional maupun modern. "Dalam Permendag diatur bagaimana agar peritel trasional dan modern saling menguntungkan dan seimbang,"  tegasnya.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!
Menhan RI sekaligus presiden terpilih, Prabowo Subianto menerima telepon dari Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (sumber foto: Tim Media Prabowo)

Prabowo: Tuduhan Prabowo-Gibran Menang Curang Lewat Bansos Sangat Kejam

Presiden terpilih Prabowo Subianto menepis tuduhan bahwa dirinya dan Gibran Rakabuming Raka memenangkan Pilpres 2024 dengan cara curang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024