Amien Rais Maju Bila Ada yang Mengusung

VIVAnews – Tokoh Partai Amanat Nasional, Amien Rais, mengatakan belum ada satupun partai yang mendukungnya maju ke pemilihan presiden 2009.

Raffi Ahmad Bakal Jadi MC, Kapan Rizky Febian dan Mahalini Menikah?

“Tapi, kalau diminta dan yang meminta masuk akal, saya mau,” kata Amien usai diskusi tentang Blok Natuna di Dewan Perwakilan Daerah, Jakarta, Senin 12 Januari 2009. Amien menghadiri diskusi sebagai penasehat Komite Penyelamatan Kekayaan Negara.

Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat bersedia maju dengan syarat partai-partai pendukung itu memiliki suara yang memenuhi aturan Undang-undang Pemilihan Presiden.  Di UU itu disebutkan calon presiden dan wakil presiden hanya diusung partai atau gabungan partai yang mampu  meraih minimum 20 persen kursi di parlemen atau memperoleh suara 25 persen secara nasional.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

“Tapi kalau yang mengajukan saya cuma satu atau dua kelompok masyarakat, itu nanti malah jadi bahan tertawaan,” kata Amien yang pernah bertempur merebut kursi presiden di pemilihan presiden 2004 berpasangan dengan Siswono Yudohusodo. Tapi dikalahkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla.

Amien mengatakan walau syarat pengajuan calon presiden itu berat, bukan berarti peluang mengajukan calon alternatif tertutup. Sebab, kata dia, tidak bakal ada partai yang mampu mendominasi suara.

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan

“Jadi idealnya memang ada tiga pasang calon presiden dan wakil.  Nah, ketiga calon itu tentu bukan Pak Yudhoyono dan Ibu Megawati,” kata dia.

Ribuan pemudik antre masuk ke dalam terminal untuk check in di Bandara Soetta

Mudik Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Balik Seperti Sebelum Pandemi

Tahun ini diprediksi pergerakan penumpang pada periode mudik atau angkutan lebaran 2024, mencapai sebelum pandemi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024