Menggelar Garage Sale di Rumah

VIVAnews - Lemari pakaian dan gudang di rumah Anda sudah penuh sesak dengan barang-barang yang sudah jarang (bahkan nyaris tak pernah) Anda pakai lagi? Ketimbang mengundang sarang laba-laba dan membiarkan barang-barang tersebut rusak lantaran tak pernah dipakai lagi, lebih baik Anda menjualnya lewat garage sale atau obral rumahan.
   
Selain isi rumah dan isi lemari, di garage sale Anda pun bisa menjual isi rak buku yang sudah Anda baca. Mulai dari novel romantis, buku biografi, hingga buku-buku desain. Untungnya, selain penyelenggaraannya mudah, Anda pun bisa memanfaatkan uang hasil penjualan untuk berbagai macam keperluan.

- Langkah pertama, sortir barang-barang yang ada di rumah, dan pisahkan mana barang yang masih bagus dan cukup menarik untuk dijual. Tips: Boleh juga menyisihkan sebagian barang-barang yang akan dijual untuk keperluan amal. Anda mungkin tidak akan mendapat imbalan berupa uang, namun mendapat kepuasan hati sebagai penggantinya.

- Ajak saudara, sahabat, dan relasi untuk ikut juga menyumbang barang. Minta mereka menetapkan harga yang diinginkan. Tips: Tetapkan kisaran harga untuk setiap jenis barang, untuk memastikan harganya tidak ’jomplang’. Misalnya, jangan sampai muncul selisih harga yang terpaut jauh untuk pakaian dengan merk sama dan model nyaris serupa. Lakukan pengumpulan minimal sebulan sebelum hari ’H’.

- Promosikan garage sale lewat selebaran, spanduk, serta promosi dari mulut ke mulut.
”Anda juga bisa mempromosikannya lewat iklan baris di surat kabar dengan membayar sekitar Rp 200 ribu. Atau, lewat iklan baris di internet yang biasanya tidak dipungut bayaran,“ jelas Yasti, berbagi pengalaman. Tips: Anda bisa bekerja sama dengan penjual koran untuk membagikan selebaran dari rumah ke rumah.

- Jika tertarik ingin mengadakan garage sale kembali, mintalah pengunjung mengisi buku tamu.
Dengan begitu, Anda bisa mengedarkan informasi lewat SMS. Tips: Kalau mungkin, bentuk sebuah komunitas garage sale dalam bentuk mailing list. Dengan begitu, Anda cukup mengirim e-mail yang harganya lebih murah ketimbang SMS.

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior
Ilustrasi emas batangan

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Harga emas keluaran logam mulia Antam 24 karat mengalami kenaikan Rp 27 ribu per gram pada hari ini yang artinya harganya sekarang Rp 1.249.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024