Jelang Lebaran

Pemerintah Siapkan Alternatif Suplai BBM

VIVAnews - Departemen Energi dan Sumber Daya mempersiapkan tiga titik alternatif suplai di sepanjang Pantai Utara Jawa (Pantura) guna menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) saat Lebaran.

Menteri Energi Purnomo Yusgiantoro mengatakan, tiga titik alternatif suplai adalah Depo Cikampek, Balongan, dan Padalarang. Sedangkan untuk wilayah Jawa Tengah bagian selatan, pasokan BBM mengandalkan pipa di Cilacap, Solo, dan Rewelu (Yogyakarta).

Kendati jumlah pemudik untuk wilayah Jawa Timur sedikit, Pertamina akan menyediakan kantong distribusi bahan bakar yang diangkut menggunakan kereta api.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Achmad Faisal mengatakan, ketahanan stok premiun saat ini mencapai 21,7 hari. Konsumsi premium di beberapa kota mengalami kenaikan hingga 30 persen dalam tiga hari terakhir pekan ini. Sementara, konsumsi nasional naik dari 50 ribu kiloliter per hari menjadi 58.000 kiloliter per hari. 

Sepekan menjelang Lebaran, Pertamina menyedikan stok premium dengan ketahanan 16,3 hari, minyak tanah 22,3 hari, solar 24,4 hari, elpiji 
16,11 hari, dan kapasitas kantong BBM yang disediakan di setiap SPBU sebesar 24 ribu kiloliter per kantong.

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic
Skuad Indonesia di Thomas Cup 2024

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

M. Fadil Imran mengatakan partisipasi Indonesia dalam Thomas Cup dan Uber Cup tahun ini menjadi momen penguatan semangat para atlet menjelang Olimpiade 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024