Perangi Diabetes dengan Rumput Laut

VIVAnews - Bermasalah dengan diabetes? Bisa jadi, rumput laut solusinya. Demikian hasil penelitian medis yang diterbitkan majalah Plant Foods for Human Nutrition edisi Desember 2008.

Menurut penelitian Awai K dari Universitas Aomori, Jepang, kandungan ekstrak methanol dari rumput laut tipe Echlonia stolonifera berkhasiat sebagai anti diabetes dan anti oksidan. Ujicoba penelitian khasiat rumput laut berwarna coklat itu menggunakan tikus yang terkena diabetes dan metode in vitro.

Kandungan tingkat tinggi polyfenol secara kuat menghambat alpha-glucosidase in vitro dan mencegah bertambahnya glukosa plasma dan tingkat peroksida lipid dalam seekor tikus percobaan dalam dosis tertentu.

Penelitian juga menunjukkan bahwa tikus yang diberi ekstrak rumput laut selama empat pekan mampu meredam tingginya level glukosa plasma setelah hewan itu diberi gula kristal. 

Terhambatnya alpha-glucosidase merupakan cara yang efektif untuk mencegah berkembangnya diabetes. Kendali atas glukosa darah juga penting bagi penderita hyperglycemic.

Awai menyimpulkan bahwa rumput laut tipe E. stolonifera berguna sebagai makanan yang menyehatkan dan memiliki efek anti-diabetes dan antioksidan in vivo. Selain itu, rumput laut juga berguna mencegah diabetes dan juga berguna untuk dikembangkan sebagai obat anti- diabetes dan masuk sebagai menu makanan yang sehat. (bahan diambil dari foodconsumer.org)


Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok sejumlah preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada bela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024