3.000 Marinir Siap Amankan Pemilu 2009

VIVAnews - Sekitar 3.000 anggota marinir disiapkan untuk melakukan pengamanan Pemilu 2009. Jumlah pasukan itu untuk mengantisipasi kerusuhan Pemilu di Jakarta dan luar Ibu Kota.

"Hari ini kita gelar apel dalam rangka persiapan pemilu 2009. Sesuai dengan perintah Panglima TNI, KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut), Dankomar (Komandan Korps Marinir), untuk persiapan pasukan," kata Komandan Pasukan Marinir II, Brigadir Jenderal Ikin Sadikin, usai apel di Lapangan Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu, 4 Maret 2009.

Penyiapan pasukan ini dilakukan untuk membantu kepolisian jika terjadi kondisi yang tidak memungkinkan. Marinir pun telah menyiapkan 10 Satuan Setingkat Batalyon (SSY) atau lebih dari 3.000 orang.

"Ada juga satuan yang kita siapkan untuk wilayah-wilayah yang kemungkinan di luar DKI atau diluar Pulau Jawa. Itu sesuai permintaan di luar Jawa," tegas Ikin.

Kini pasukan Marinir tidak lagi terlibat dalam satuan detasemen Penindak Huru-Hara. "Tapi kami tetap akan membantu kepolisian dengan cara-cara yang lebih baik agar masyarakat bisa mengerti," ujar dia.

Piala Asia U-23 Pakai Head to Head atau Selisih Gol? Ini Syarat Timnas Indonesia ke Perempat Final
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Ikuti Arahan Prabowo Subianto Soal Pembatalan Aksi Damai di Gedung MK

Gibran Rakabuming Raka, sepakat dengan Prabowo Subianto yang meminta pendukungnya untuk membatalkan rencana aksi damai di depan gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024