Jam Masuk Sekolah Dimajukan

"Hanya Memindahkan Kemacetan Lebih Pagi"

VIVAnews - Kebijakan memajukan jam sekolah 30 menit lebih awal menjadi pukul 06.30 WIB telah dua hari terlaksana. Sejumlah kalangan masih meragukan efektifitasnya.

Ketua Forum Warga Jakarta Kota, Azaz Tigor Nainggolan, mengatakan, kebijakan itu tidak mengurangi tingkat kemacetan, tapi hanya menggeser kemacetan. "Hanya memindahkan kemacetan lebih pagi," ujarnya, Selasa 6 Januari 2009.

Pantauan VIVAnews sekitar pukul 06.30 WIB, sudah terjadi penumpukan kendaraan di sejumlah ruas jalan. Kepadatan mulai terlihat di sepanjang Jalan Basuki Rachmat, Pondok Bambu dari arah Pondok Kopi dan Pondok Kelapa, Jalan Dr Satrio dari arah Kampung Melayu. Kondisi serupa juga terlihat di sepanjang Jalan Matraman ke arah Senen.

Pengendara kendaraan didominasi pelajar berseragam sekolah dan para pekerja yang berangkat lebih pagi karena harus mengantar keluarga ke sekolah. "Kakak saya harus ikutan berangkat pagi karena saya berangkat bareng dia," kata Darius Johanes, warga Pondok Kelapa.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Satria, seorang pekerja yang bekerja di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan, merasa terganggu dengan berlakukan kebijakan jam masuk sekolah itu. "Saya biasa jalan ke kantor sebelum pukul 06.00 WIB untuk menghindari macet. Sekarang baru satu kilometer keluar rumah sudah macet," ujar Satria yang tinggal di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Pada hari pertama kebijakan itu diimplementasikan, Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Condro Kirono mengatakan, waktu kemacetan menjadi lebih awal. Pada pukul 05.00 WIB sudah menunjukkan aktivitas di jalan raya, dan menjelang pukul 06.00 WIB sudah mulai padat. Padahal sebelum kebijakan itu berlaku, kepadatan biasanya baru terjadi menjelang pukul 07.00 WIB.

Chandrika Chika

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Usai resmi ditahan, orangtua Chandrika Chika langsung menjenguk sang putri. Ibunda Chandrika Chika, Poppy Putry, mengungkapkan bahwa anaknya dalam keadaan yang baik.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024