Tujuh Negara Eropa Tak Dapat Pasokan Gas

VIVAnews - Tujuh negara di Eropa, khususnya di kawasan Balkan, mengalami penghentian total pasokan gas alam Rusia lewat Ukraina. Itu akibat semakin buruknya polemik antara Rusia dan Ukraina terkait dengan masalah harga pasokan gas.

Bosnia-Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Yunani, Hongaria, Makedonia, dan Serbia mengikuti negara lain di Eropa Barat seperti Italia dan Austria yang menderita kekurangan bahan bakar setelah Rusia menghentikan ekspor gas ke Ukraina. Perusahaan gas alam terbesar di Rusia, Gazprom, menuduh Ukraina mencuri kiriman bahan bakar mereka ke Eropa.

Menurut stasiun televisi BBC, Rabu 7 Januari 2009, sebelumnya, pemerintah Serbia mengatakan mereka sedang berada dalam situasi kritis dengan hanya memiliki persediaan gas alam untuk sepuluh hari lagi. Negara Balkan ini sebenarnya mengimpor 92 persen gas alam dari Rusia.

Persedian gas di Bulgaria hanya cukup untuk beberapa hari saja. Presiden Georgi Purvanov mengatakan bahwa krisis bahan bakar ini menjadi dasar untuk memulai lagi reaktor nuklir. Reaktor nuklir Bulgaria ditutup sejak negara Balkan tersebut bergabung dengan Uni Eropa, 2007 lalu.

Rusia berhenti menyuplai gas ke Ukraina sejak 1 Januari lalu karena tagihan yang belum terbayar dan kegagalan kedua negara untuk menyepakati kontrak harga baru gas alam produksi Rusia. Komisi Eropa - sebagai badan eksekutif di Uni Eropa - menyatakan bahwa pengurangan atau penghentian pasokan gas tersebut sebagai tindakan yang benar-benar tak bisa diterima.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Itu karena sekitar seperempat kebutuhan gas Uni Eropa bergantung pada pasokan dari Rusia, dan sekitar 80 persennya disalurkan melalui Ukraina.

Senin lalu, Gazprom memutuskan untuk menghentikan ekspor gas alam ke Eropa melalui pipa saluran Ukraina sebagai ganti rugi atas 15 persen pasokan gas yang- menurut Gazprom, dicuri oleh Ukraina untuk kepentingan mereka sendiri. Ukraina tentu saja menolak tuduhan tersebut dengan mengatakan bahwa aliran gas ke Eropa terganggu karena masalah teknis.

Gazprom berjanji akan mengirim suplai tambahan melalui pipa saluran lain, yaitu Yamal dari wilayah utara Rusia melalui Belarusia menuju Jerman, dan dari Blue Stream ke Turki melalui saluran di bawah Laut Hitam. Masalah serupa pernah terjadi antara Gazprom dan Ukraina di awal 2006 silam, menyebabkan kurangnya persediaan gas alam di beberapa negara Uni Eropa.

Ilustrasi sepeda motor Vespa

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Sepeda motor Vespa memiliki sejarah panjang dan menarik. Lahir di Pontedera pada tahun 1946, Vespa didirikan oleh Enrico Piaggio. Dibuat sebagai solusi transportasi yang

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024