Menkominfo Hormati Uji Materiil UU ITE

Menteri Komunikasi dan Informasi dan Telematika Mohammad Nuh menghormati uji materiil terhadap Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang sedang dilakukan di Mahkamah Konstitusi.

"Bila ada keberatan dari komponen masyarakat terhadap UU ITE, saya sangat menghargai dan menghormati," ujar Nuh pada acara jumpa pers di Kantor DepKominfo, Jakarta, Rabu 7 Januari 2009.

Nuh mengatakan, dengan uji materiil UU ITE, diharapkkan nantinya akan ada kepastian mengenai muatan yang terkandung di UU itu. "Bila tidak diuji ke MK, justru akan berlanjut saling bantah (mengenai pasal), dan dikhawatirkan pelaksanaan UU ini tak akan efektif," ujar Nuh.

Sebelumnya, UU ITE diajukan ke MK oleh Iwan Piliang, yang menganggap bahwa UU ini mengandung pasal karet. Antara lain, pasal 27 dan 45.

Pasal tersebut memberi sanksi hingga enam tahun penjara dan denda Rp 1 miliar untuk dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Hukuman itu jauh lebih berat dibandingkan dengan tindak pidana yang sama namun diatur dalam Pasal 30 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Namun Nuh membantahnya. Menurutnya pasal 27 yang diawali oleh kalimat "Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak..." tidak perlu ditakuti.

Pasalnya, yang akan terkena sanksi menurut UU itu, kata Nuh, adalah bila tiga unsur itu terpenuhi, yaitu unsur 'setiap orang', 'dengan sengaja', dan 'tidak memiliki hak'.

Bila salah satu unsur tidak terpenuhi, misalnya yang bersangkutan adalah wartawan, kata Nuh, maka orang tersebut bisa dikatakan 'memiliki hak', sehingga sanksi yang mengancamnya, akan gugur.

Namun, bila pelaku bukan wartawan, orang itu, bisa terkena sanksi. Oleh karenanya, ia meminta semua orang (termasuk blogger) lebih berhati-hati untuk tidak menyebarkan berita yang dikategorikan penghinaan, pencemaran nama baik, dan SARA.

"Setiap orang harus mempertanggung jawabkan tindakannya."

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga
Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024