Harga Baru BBM Sore Ini

Pemerintah Tanggung Kerugian Pengusaha SPBU

VIVAnews - Pemerintah berjanji akan menanggung biaya pemberian kompensasi penurunan harga bahan bakar minyak bersubsidi bagi pengusaha stasiun pengisian bahan bakar umum.

Terekam Pakai Gas Subsidi, Begini Pembelaan Prilly Latuconsina

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro mengatakan, biaya penggantian itu akan dimasukkan dalam dana subsidi di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2009.

Dia mengatakan, jika sore ini pemerintah menurunkan harga BBM, pemerintah memerlukan dana sebagai kompensasi atas penurunan harga itu kepada pengusaha SPBU. "Ini akan diambil dari APBN 2009," kata Purnomo, di Jakarta, Senin 12 Januari 2008.

Dengan dimasukkannya kompensasi dalam subsidi BBM, kompensasi tidak diambil dari dividen Pertamina seperti pada penurunan harga BBM 1 dan 15 Desember 2008.

Menurut Purnomo, cara ini diharapkan dapat meringankan beban pengusaha SPBU atas selisih harga BBM saat terjadi penurunan harga. "Kalau sekarang menunggu lagi kasihan dia," katanya. Hingga kini biaya penggantian selisih harga untuk penurunan pada 15 Desember belum dibayarkan Pertamina.

Rencananya pemerintah akan menurunkan harga BBM sore ini. Penurunan ini merupakan penurunan ketiga kalinya setelah pada 1 dan 15 Desember pemerintah menurunkan harga premium dan solar.

Pesan Pep Guardiola ke Real Madrid: Bukan soal Permainan, Tapi Tolong Benahi Hal Ini
Realme 12 5G.

Realme 12 5G Bisa Jadi Opsi

Mengadopsi kemampuan fotografi terbaik layaknya kamera profesional, Realme 12 5G diklaim bisa diandalkan untuk mengabadikan setiap momen berharga seperti Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024