Kartu Tol Elektronik

Hanya Berlaku untuk Sedan dan Minibus

VIVAnews - Kartu tol elektronik atau E-Tollcard yang diterapkan di di empat ruas jalan tol hanya berlaku untuk kendaraan sedan, jeep ataupun mini bus. Semua kendaraan ini adalah jenis kendaraan golongan I yang memiliki tinggi kurang dari 2,5 meter.

Corporate Secretary PT Jasa Marga Okke Merlina kepada VIVAnews mengatakan, nantinya di setiap gerbang tol yang bisa menerima pembayaran melalui E-Tollcard akan diberi portal. Tinggi portal sekitar 2,5 meter sehingga hanya kendaraan bergolongan I yang bisa melewatinya.

Namun ke depan, kata Okke, kendaraan di atas golongan I juga akan diperkenankan menggunakan E-Tollcard.

Okke mengatakan, nantinya tidak semua gerbang bisa menggunakan kartu tol elektronik. "Hanya gerbang yang memiliki tulisan E-Tollcard saja yang bisa," katanya.

Okke menuturkan, kartu ini diluncurkan pada minggu keempat Januari 2009 ini. Kendati demikian, kartu pembayaran tol ini sudah diujicoba sejak 15 Desember lalu.

Namun uji coba baru dilakukan secara internal saja atau untuk kalangan Jasa Marga.

Harga vouchernya mulai dari Rp 50 ribu, Rp 100 ribu, kemudian Rp 200 ribu hingga paling tinggi Rp 500 ribu.

Untuk harga kartu perdananya Rp 50 ribu dengan nilai voucher yang sama dengan harga kartu perdana. PT Jasa Marga juga tidak mengenakan biaya apapun untuk memperoleh kartu perdananya.

Seperti halnya voucher telepon seluler, kartu ini memiliki nilai minimum. Saldo minimumnya Rp 10 ribu.

Jasa Marga sejak lama ingin menerapkan sistem ini karena dengan E-Tollcard ini dapat memberikan kemudahan dan peningkatan pelayanan bagi para penguna jalan tol.

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil
Hyoyeon Girls Generation saat menggunakan kebaya Bali - Sunber Foto tangkapan layar Instagram @xosone_ss

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai melakukan pemeriksaan terhadap 31 WNA asal Korea Selatan dan 1 WNI dalam pembuatan film reality show' Pick Me Trip in Bali'.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024