Fit and Proper Test Hakim Agung

Syamsul Ma'arif Soroti Kualitas Putusan MA

VIVAnews - Syamsul Ma'arif menyampaikan visi misinya untuk menjadi hakim agung. Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha ini mencermati mengenai kualitas putusan dari Mahkamah Agung yang harus semakin diperbaiki.

Visi misi ini disampaikan Syamsul saat mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di hadapan Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat, di ruang sidang komisi, gedung dewan, Jakarta, Kamis, 16 Oktober 2008.

Untuk memperbaiki kualitas putusan Mahkamah Agung, Syamsul mengusulkan tiga syarat. Pertama, perkara harus ditangani hakim yang ahli. "Harus ada teknik yang jelas," kata Syamsul.

Syamsul juga melihat kualitas putusan itu harus dibarengi dengan transparansi di Mahkamah Agung. "Nantinya salinan putusan agar dapat diterima pihak berpekara dengan cepat, sehingga putusan menjadi transparan," tuturnya.

Untuk itu, lanjut Syamsul, pengawasan terhadap hakim harus diperkuat hingga pengadilan negeri. Menurutnya, Mahkamah harus dikembalikan proporsinya untuk dipercaya sebagai pelindung kedilan dan hukum. "Sumbernya adalah trust," ujarnya.

Selain Syamsul, Komisi Hukum juga akan menguji Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Andalas Padang Takdir Rahmadi.

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse
Rizky Nazar

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Kabar dugaan perselingkuhan Rizky Nazar dan Salshabilla Adriani menghebohkan publik hingga menjadi trending topik di media sosial. Bagaimana tidak, banyak netizen geram.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024