Potensi Terjadinya Penyimpangan Pemilu 2009

VIVAnews – Soal waktu pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Legislatif 9 April 2009 di Tempat Pemungutan Suara, dinilai ikut berpotensi memunculkan terjadinya penyimpangan jumlah suara, yang dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara.

Kecenderungan terjadinya kecurangan dalam proses pemungutan suara merupakan kesimpulan dari jajak pendapat  yang dilakukan lembaga penelitian Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia. Hal ini disampaikan lembaga itu di Jakarta, Rabu 18 Maret 2009.

Kesimpulan penelitian ini, kata Christopel Nalenan, koordinator Sinergi  Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia, diperoleh dengan cara menyebarkan pertanyaan kepada responden untuk mengetahui rencana para pemilih datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih.

Menurut Christopel, jawaban yang diberikan responden ada tiga macam. Pertama, 32,75 persen responden memilih akan datang pukul 7.00 sampai 9.00. Kedua, 54,75 persen responden, pukul 9.00 sampai pukul 12.00. Dan ketiga, 12,50 persen akan datang setelah pukul 12.00.

Christopel mengatakan aturan main Komisi Pemilihan Umum, pemungutan suara memang dimulai pukul 7.30.  Yang menjadi persoalan adalah pemilih lebih menyukai hadir ke TPS setelah pukul 9.00. Hal itu berarti potensi terjadinya penyimpangan oleh KPPS terjadi antara pukul 7.30-9.00.

“Kondisi ini menjadi riskan, mengingat KPPS dapat membuka segel perlengkapan pemungutan suara sekalipun tanpa kehadiran pemilih atau saksi,” kata dia.

Bukan itu saja, kehadiran pemilih secara bersamaan di TPS antara pukul 9.00-12.00, dapat mengakibatkan penumpukan pemilih. Dikhawatirkan untuk TPS dengan jumlah pemilih yang banyak, akan terdapat pemilih yang pada akhirnya tidak dapat menggunakan hak pilih.

Sementara pemilih yang memilih datang di atas pukul 12.00, kata Christopel, mereka beresiko kehilangan hak pilihnya. Sebab, terlambat datang ke TPS.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi
Ramen.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Ramen is a type of noodle soup dish that is made with wheat noodles, broth, and toppings. Instant ramen may include a flash-fried or air-dried block of noodles, a flavour

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024