Pascapemilu, Pansus BBM Siap Kebut

VIVAnews - Panitia Khusus Hak Angket Bahan Bakar Minyak (Pansus BBM) DPR menargetkan pascapemilu 2009, sudah ada mengantongi simpulan awal kerjanya.

"Setelah masa reses nanti kami akan habis-habisan mengusut kenaikan harga BBM," ujar Anggota Pansus DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Tjatur Sapto Edi, di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 28 Oktober 2008.

Dia menambahkan, memasuki masa sidang setelah reses nanti, Pansus akan fokus terlebih dulu pada penelusuran sektor hulu migas dengan melakukan penyelidikan mendalam kepada BP Migas, setelah itu baru ke sektor hilir, serta akan menelusuri kebijakan Makro pemerintah.

Rapat yang selama ini dilakukan, Kata Tjatur, akan dijadikan referensi pada rapat selanjutnya. "Kami akan serius menangani ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Pansus Zulkifli Hasan menuturkan Panitia Hak Angket dalam melakukan rapat selama ini dengan berbagai kalangan seperti Pemerintah, BP Migas, BPH Migas, pelaku bisnis, serta pengamat migas telah menemukan beberapa hasil. Hasil itu, di antaranya menemukan inefisiensi pada pengolahan hulu migas yang mengakibatkan angka cost recovery terlalu tinggi.

Selain hak angket yang harus ditanggung negara, Dewan juga menemukan menemukan kontrak-kontrak migas yang berpotensi merugikan negara.

Terkait dengan kontrak migas, Tjatur menambahkan, pemerintah harus membuat kebijakan nasional dengan mengeluarkan peraturan pemerintah atau keputusan presiden yang mengatur harga jual ekspor komoditas migas harus lebih tinggi dibandingkan harga jual ke dalam negeri. "Dengan cara ini posisi kita lebih kuat,"tandas dia

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran
Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro

Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt

The Indonesian police have uncovered many students who have become victims of an international human trafficking network to Germany, where they are trapped in debt.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024