Pasar Prosesor

Market Share Intel dan AMD Naik

Menurut laporan terbaru iSuppli, perusahaan analis pasar berbasis di California, Amerika Serikat, dua produsen prosesor utama yakni Intel dan AMD sama-sama meraih peningkatan market share di kuartal ketiga 2008.

Dari sisi volume penjualan, Intel kini menguasai 80, 4 persen pasar, naik dari 80,1 persen di kuartal sebelumnya. Pangsa pasar AMD juga mengalami sedikit peningkatan. Dari 12.0 persen di kuartal kedua tahun ini naik menjadi 12,1 persen di kuartal ketiga. 

Meski ada peningkatan, market share AMD menurun bila dibandingkan dengan kuartal ketiga tahun lalu yang mencapai 13,9 persen. Sementara itu, pangsa pasar Intel kuartal ketiga tahun ini dibandingkan kuartal yang sama tahun 2007 meningkat sebesar 1,7 persen. Angka-angka yang didapat sendiri merupakan pangsa pasar dari seluruh jenis prosesor yang terjual, termasuk prosesor generasi x86, RISC, dan mikroprosesor lainnya.

“Pertumbuhan yang diraih Intel disebabkan karena tingginya penjualan produk mereka di segmen notebook,” ungkap Matthew Wilkins, Principal Analyst Computer Platform dari iSuppli. “Di kuartal ketiga, Intel capai dua raihan positif. Meningkatkan pangsa pasar dibanding kuartal sebelumnya sekaligus dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya. Sementara rival utamanya, AMD, hanya meraih peningkatan untuk jangka pendek,” imbuhnya.

Walau permintaan di pasar komputer sedikit melemah di kuartal tiga tahun 2008, iSuppli memperkirakan bahwa penjualan komputer akan terus meningkat antara 12 sampai 14 persen.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024