Pemerintah Perkuat Asuransi Ekspor

VIVAnews - Pemerintah akan memperkuat PT Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI). Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sofyan Djalil mengatakan, langkah ini untuk mendukung ekspor Indonesia yang sedang lesu.

Menurut Sofyan, eksportir yang tidak bisa mendapat pendanaan bisa menjaminkan kredit ekspor (L/C) miliknya kepada perbankan karena dijamin penuh oleh ASEI. "Sehingga mereka bisa mendapat dana," ujar Sofyan Djalil, di Gedung Departemen Keuangan, Jumat dini hari, 21 November 2008.

Dia menjelaskan, pemerintah masih mengandalkan ASEI karena Rancangan Undang-Undang Lembaga Penjaminan Ekspor Indonesia (RUU LPEI) tak kunjung disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat.

Pembentukan LPEI bertujuan meningkatkan kinerja ekspor. Lembaga ini merupakan jawaban terhadap tantangan perekonomian nasional yang dituntut lebih ekspansif meningkatkan penetrasi ekspor. Selain itu untuk mendorong berkembangnya sektor riil yang berkaitan dengan ekspor. 

Selain menggenjot kinerja ekspor, pemerintah juga akan memperbanyak proyek-proyek infrastruktur. "Bagaimana memperkuat daya beli domestik," ujar dia.

Polisi Sebut Tak Ada Indikasi Meli Joker Dibunuh Kekasih, Dipastikan Bunuh Diri
Mantan Ketua KONI Sumsel sekaligus eks Presiden Sriwijaya FC, Hendri Zainuddin, ditahan Kejati Sumsel.

Eks Presiden Sriwijaya FC Tersandung Korupsi Dana Hibah, Kini Ditahan Kejati Sumsel

Mantan Ketua Umum KONI Sumatera Selatan yang bekas Presiden Klub Sriwijaya FC, Hendri Zainuddin ditahan Kejaksaan Tinggi Sumsel

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024