Semikonduktor

Hynix Siapkan Memori 7GHz

Hynix Semiconductor, salah satu penyedia chip DRAM utama di dunia, Senin 24 November 2008 mengumumkan produk mutakhirnya. Mereka sudah memiliki chip memori GDDR5 yang mampu bekerja di kecepatan 7GHz. 

Dengan bekerja di kecepatan 7GHz, produk GDDR5 1Gb itu berarti sekitar 40% lebih cepat dibandingkan dengan chip GDDR tercepat yang saaat ini tersedia, yakni 4,5GHz. Untuk memungkinkan kecepatan tersebut, Hynix membuat memori itu dengan teknologi proses 54 nanometer dan mendesainnya sedemikian rupa agar mengonsumsi daya lebih rendah. Dari GDDR5 versi sebelumnya yang diproduksi dengan proses 66 nanometer dan membutuhkan daya 1,5 volt untuk bekerja, chip memori baru Hynix itu hanya perlu butuh setrum sebesar 1,35 volt.

Produk baru itu juga sudah memenuhi standar JEDEC (Joint Electron Device Engineering Council), badan standarisasi di bidang semikonduktor. Menurut perusahaan berbasis di Korea Selatan tersebut, chip memori yang bersangkutan akan tersedia massal tahun 2009.

Di berita pers resminya, Hynix belum menginformasikan lebih lanjut apakah pelanggan utama mereka yakni ATI, dan Nvidia sudah menguji coba chip buatannya itu. Secara teoritis, chip memori GDDR5 7GHz itu bisa diimplementasikan pada VGA Radeon dan GeForce generasi berikutnya. Tetapi biasanya, kedua pelanggan utama Hynix itu biasanya lebih condong ke produk yang kecepatannya tidak terlalu tinggi. Baik untuk menghemat energi, panas, dan ongkos produksi board VGA secara keseluruhan.

Bila chip memori GDDR5 7GHz itu ditanamkan pada VGA dengan lebar jalur memori 512-bit, maka akan menghasilkan bandwidth maksimal sebesar 448GB/s, sedangkan bila VGA menggunakan memori 256-bit, dengan chip baru Hynix itu bandwidth yang tersedia mencapai 224GB/s.

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Global Tahun Ini Stagnan pada Level yang Rendah
Drama Queen of Tears

Penonton Indonesia Bakal Adakan Nobar Episode Terakhir Queen of Tears, Catat Jadwalnya!

Drama Korea terbaru, Queen of Tears akan menyuguhkan 2 episode terakhirnya pekan ini. Tayangan dramatis yang diprediksi akan mencapai rating tertinggi ini memicu antusias

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024