Hemat Air dengan Sekali Bilas

VIVAnews - PT Unilever Tbk meluncurkan varian baru Molto Ultra Sekali Bilas, produks pewangi pakaian yang dapat membantu konsumen mengurangi  pemakaian air.

Senior Brand Manager Molto PT Unilever Indonesia Tbk Veronica Utami mengatakan produk Molto Sekali Bilas mengusung teknologi baru yaitu  bahan penghilang busa seketika.

Heboh Pemuda di Demak Rusak Jembatan Agar Truk Bisa Lewat, Polda Jateng Angkat Bicara

Hanya dalam satu kali bilas, bahan  penghilang deterjen yang dapat menghilangkan residu deterjen dari pakaian  serta anti redeposisi yang mencegah kotoran kembali ke pakaian.

 "Ini lah kelebihan produk baru ini," ujar Veronica di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu, 29 November 2008.

Veronica menambahkan dikeluarkannya produk ini sebagai wujud kepedulian Unilever akan semakin terbatasnya sumber daya air bersih yang semakin sulit  didapat dan mahal harganya.

Dengan hadirnya Molto Ultra Sekali Bilas ini,  jelas dia, proses pencucian pakaian lebih praktis pasalnya kebiasaan  mencuci selama ini yang memerlukan tiga kali proses pembilasan, dengan menggunakan produk ini hanya satu kali  proses pembilasan.

Dengan demikian volume  air yang dapat dihemat cukup banyak.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2005 untuk kegiatan mencuci,  setiap keluarga di Indonesia rata-rata mencuci 1,9 kilogram  pakaian  kotor setiap harinya dan mayoritas pembilasan dilakukan sebanyak tiga  kali.

Dengan kondisi demikian jumlah volume air yang digunakan setiap kali pembilasan rata-rata mencapai 10,75 liter air per kilogram pakaian maka dengan jumlah keluarga di Indonesia sebanyak 52.575.000 maka jumlah air yang  dihabiskan secara akumulatif dalam kurun waktu setahunnnya untuk membilas pakaian mencapai 1,17 meter kubiik.

Angka yang cukup besar untuk  air bersih hanya  untuk kegiatann membilas pakaian.

Walaupun Indonesia memiliki cadangan air  terkaya di Indonesia, lanjut Veronica, tetapi jika tidak dilakukan penghematan dalam penggunaannya akan mengalami kelangkaan.

Ramalan Zodiak Rabu 11 April 2024: Virgo Tidak Merasakan Keromantisan, Sagitarius Bertemu Jodoh

"Inilah sebuah  gerakan sosial yang mengajak keluarga Indonesia khususnya para ibu untuk  mengubah paradigma dalam aktifitas rumah tangga, khususnya mencuci," tutur dia.

Sejumlah awak kapal dan penumpang KMP Kirana menggelar Salat Idul Fitri, atau Salat Ied di atas kapal, Rabu, 10 April 2024

Begini Suasana Salat Idul Fitri di Atas Kapal Merak-Bakauheni

Sejumlah awak kapal dan penumpang KMP Kirana menggelar Salat Idul Fitri, atau Salat Id di atas kapal, Rabu, 10 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024