Potensi Kerugian Pengusaha SPBU Rp 22 Miliar

VIVAnews - Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) mencatat potensi kerugian pengusaha satuan pengisian bahan bakar umum (SPBU) sebesar Rp 22 miliar, dengan asumsi penjualan premium mencapai 54  Kiloliter pada 1 Desember, saat harga premium turun.

Potensi itu jika pengusaha SPBU tetap mengambil premium pada 29 dan 30 November lalu. Sebab pada tanggal itu, pengusaha masih harus membayar premium dengan harga lama, Rp 6.000 per liter. Sedangkan, pengambilan premium pada tanggal itu, dipasarkan pada 1 Desember, saat harga premium sudah Rp 5.500 per liter.

Ketua DPP Hiswana Migas M Nur Adib mengatakan, dengan alasan itu pengusaha SPBU enggan memasok premium pada 29 dan 30 November lalu. Kondisi ini menyebabkan kelangkaan premium di sebagian besar SPBU.

Menurut Adib, Hiswana Migas telah meminta pemerintah untuk menanggung selisih harga saat harga premium turun. "Kami sudah bertemu Presiden, dan Presiden bilang nanti diurus supaya tidak merugikan pengusaha," kata dia, saat dihubungi VIVAnews melalui telepon genggamnya, Selasa malam, 2 Desember 2008.

Sayangnya, lanjut Adib, Pertamina hanya memberi potongan Rp 80 per liter. "Kami minta Rp 500 per liter, seperti penurunan harga jual," kata dia. Sehingga pengusaha SBPU tidak mengalami kerugian selisih antara harga beli dan harga jual premium yang turun.

Dia meminta pemerintah agar dalam penurunan harga solar nantinya tidak ada kejadian serupa. Pemerintah harus bisa menjadikan masalah ini sebagai pelajaran atas ketidaksiapan penurunan harga premium. Meskipun, rencana penurunan ini sudah ada sejak bulan lalu.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024