CTL Bisa Dongkrak Produk Minyak 1,1 Juta Bph

VIVAnews - Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan di masa mendatang produksi minyak dalam negeri akan bertambah 1,1 juta barel per hari (bph) dari teknologi coal to liquidfaction (CTL) atau teknologi yang mengubah batu bara menjadi bahan bakar minyak.

"Kita bekerja sama dengan perusahaan CTL terkenal dari Afrika yaitu Sasol dari Afrika,"ujar Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro dalam pembukaan Forum Diskusi Energi Bertajuk "Quo Vadis Energi Nasional" di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, Rabu 3 Desember 2008.

Menurut dia, hasil studi dengan perusahaan Afrika tersebut diperkirakan selesai Januari 2009 mendatang. Purnomo menjelaskan daerah- daerah yang berpotensi untuk mengembangkan CTL adalah Musi Banyu Asin, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Lebih lanjut Purnomo menuturkan, kebutuhan dunia akan energi minyak mentah  semakin meningkat karena pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.

Disamping  minyak, jelas dia, energi yang masih dominan digunakan konsumen yaitu gas dan batu bara sementara energi terbarukan konsumsinya masih minim.

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?
Athletic Bilbao rayakan gelar Copa del Rey dengan perahu

Agak Laen! Athletic Bilbao Rayakan Juara Copa del Rey dengan Naik Perahu

 Cara agak laen dilakukan Athletic Bilbao dalam merayakan gelar Copa del Rey 2023/24 bersama fans. Mereka justru merayakan juara dengan menggunakan perahu.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024