Piala AFF 2008

Vietnam Bekuk Malaysia 3-2

VIVAnews - Vietnam akhirnya membuka peluang menuju babak semifinal Piala AFF 2008. Di pertandingan kedua babak penyisihan Grup B yang digelar di Stadion Sarakul, Phuket, Thailand, Senin, 8 Desember 2008, tim besutan Henrique Calisto itu berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 3-2. 
 
Tiga gol Vietnam dicetak oleh Tahanh Luong Pham pada menit ke-19,  Vu Phong Nguyen di menit ke-73, dan Nhu Thanh Vu menit 88'. Sedangkan dua gol Malaysia diborong oleh Indra Putra Mahayuddin menit ke-21 dan 85'. 
 
Tambahan tiga angka ini membuat peluang Vietnam menuju babak semifinal terbuka lebar. Sebab di pertandingan terakhir, Vietnam akan berhadapan dengan tim papan bawah, Laos. Saat ini, Vietnam berada di peringkat ke 3 dengan koleksi tiga poin dari 2 kali pertandingan.
 
Malaysia sendiri saat ini berada di posisi pemuncak dengan koleksi poin sama dengan Vietnam dan Thailand. Namun tim negeri jiran itu berada di perinkat teratas  karena unggul agregat gol. Pada pertandingan terakhir Malaysia akan berhadapan dengan tuan rumah Thailand. 
 
Kalah di pertandingan pertama membuat Vietnam tampil lepas saat bertemu Malaysia. Viet Thang Nguyen cs langsung menggempur pertahanan Malaysia sejak pluit babak pertama ditiup.   

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia

Hasilnya, striker Vietnam Viet Thang Nguyen langsung mengancam gawang tim lawan saat pertandingan baru berjalan 5 menit. Sayang, tendangannya masih mampu diantisipasi oleh kiper Malaysia, Mohd Elias. 
 
Vietnam yang sebelumnya dikalahkan oleh Thailand 0-2 terus menggempur sehingga membuat pemain belakang Malaysia kelabakan. Di menit ke-17,  Tahanh Luong Pham membawa Vietnam unggul 1-0. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti gagal dibentung oleh kiper Malaysia, Mohd Elias. 
 
Ketinggalan 0-1, Malaysia mulai mengejar. Tak sulit bagi Malaysia untuk menyamakan kedudukan. Hanya empat menit berselang, Indra Putra Mahayuddin berhasil mencetak gol bagi Malaysia dan merubah skor menjadi 1-1. 
 
Setelah skor imbang 1-1, pertandingan mulai menjurus kasar. Akibatnya, pemain Malaysia, Muhammad Shukor harus diganjar kartu kuning di menit ke-34 karena melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Vietnam. Hingga pertandingan pertama berhenti, skor tak berubah 1-1.
 
Di babak kedua Vietnam kembali mengambil alih serangan. Kali ini dengan memanfaatkan umpan dari kaki ke kaki. Namun rapatnya barisan pertahanan Malaysia membuat Vietnam sulit untuk melakukan penetrasi. 
 
Untuk mempertajam lini depan, pelatih Vietnam, Henrique Calisto menarik Min Phuong Ngu Yen dan menggantinya dengan Vu Phong Nguyen. Keputan ini tepat, karena di menit ke 73, Vu Phong berhasil menjebol gawang Myanmar. Skor pun berubah menjadi 2-1.

Unggul 2-1 membuat Vietnam mulai mengendurkan serangan. Henrique menginstruksikan anak asuhnya untuk bertahan. Namun keputusan itu justru keliru, karena pemain-pemainnya panik dan kerap melakukan pelanggaran di daerah pertahanan sendiri.

Video Honda HR-V Parkir di Jalan Sempit, Bikin Macet dan Sulit Dilewati

Akibatnya di menit ke-85, Malaysia mendapat hadiah tendangan bebas di luar kotak penalti Vietnam.  Indra Putra Mahayuddin yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Dia mencetak gol keduanya ke gawang Vietnam sekaligus merubah skor  menjadi 2-2.


Pertandingan sepertinya bakal berakhir imbang. Namun blunder yang dilakukan oleh kiper Malaysia, Mohd Elias di menit ke-88 membuat Vietnam kembali unggul 3-2. Elias yang terlalu maju ke depan gagal mengantisipasi tendangan spekulasi Nhu Thhanh Vu dari tengah lapangan. 
 
Bola yang sempat membentur tanah melayang tepat di atas kepala Elias dan selanjutnya bergulir ke dalam gawang. Menyaksikan gol ini, Elias  sempat menangis di bawah mistar gawang.  Di sisa pertandingan, Malaysia mencoba meningkatkan serangannya. Sayang, hingga pluit panjang dibunyikan, skor tak berubah 3-2.

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia
Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024