Olahraga Buat Wanita Sibuk

VIVAnews – Anda tentu ingin memiliki tubuh yang selalu sehat. Dan untuk mendapatkan tubuh sehat cara yang paling tepat adalah dengan berolahraga. Meluangkan waktu untuk berolahraga terkadang sulit untuk dilakukan. Apalagi, bagi wanita pekerja seperti Anda yang selalu sibuk.

Meskipun demikian, jangan jadikan kesibukan sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga ringan seperti berjalan kaki sebenarnya bisa Anda lakukan di sela-sela rutinitas sehari-hari. Anda hanya perlu menyiasatinya saja. Berikut cara agar Anda tetap sehat di tengah kesibukan dengan berjalan kaki.

Pilih jalan memutar
Jika biasanya Anda memilih jalan yang tercepat menuju kantor, mulai sekarang pilihlah jalan yang memutar. Hal itu akan memaksa Anda untuk berjalan kaki. Usahakan setiap hari berjalan kaki selama 20-30 menit atau sekitar 3000 - 5000 langkah. Kalori Anda akan banyak terbakar. Otomatis, tubuh menjadi lebih sehat.

Selalu bawa sepatu olahraga
Simpan sepatu olahraga Anda di bagasi mobil atau loker di kantor. Jadi, saat waktu cukup luang, Anda bisa langsung pergi ke tempat olahraga. Ajaklah teman-teman Anda untuk berolahraga bersama. Hal itu dapat membuat Anda menjadi lebih semangat berolahraga.

Berjalan saat memakai ponsel
Berbicara di telepon tentu sudah menyita waktu Anda di kantor maupun di rumah. Saat berbincang-bincang dengan klien di telepon, jangan hanya diam di tempat duduk Anda. Lakukan sambil berjalan. Gunakan earphone jika Anda tidak nyaman menempelkan ponsel terlalu lama di telinga. Cobalah memutari ruangan. Tanpa disadari, kegiatan ini hampir sama dengan jogging di sekitar rumah.

Berjalan bersama anjing atau kucing kesayangan
Menurut penelitian di Kanada, seseorang yang memelihara anjing berjalan rata-rata 300 menit per minggu. Sedangkan yang tidak memiliki anjing hanya berjalan 168 menit per minggu. Dengan bermain bersama hewan kesayangan bisa membuat Anda berolahraga tanpa disadari.

Berbelanja mingguan
Berkeliling menyusuri lorong-lorong di pasar swalayan bisa jadi olahraga menyenangkan. Meski waktunya lebih lama untuk mendapatkan keperluan belanja, tapi tiap kali Anda melangkah, tubuh bisa membakar kalori. Cara ini bisa dilakukan rutin. Bila biasanya Anda belanja bulanan, kali ini bikin kegiatan ini menjadi belanja mingguan. Ajak juga si kecil berbelanja. Minta dia mencari snack kesukaannya. Anda bisa mengikutinya dari belakang. Anda bergerak, si kecil juga senang menemani Anda. 

Hitung langkah Anda
Studi yang dilakukan di Universitas Michigan, Amerika Serikat, mengungkapkan berat badan seseorang yang berjalan dengan menggunakan alat penghitung langkah (pedometer) akan lebih cepat turun dibandingkan yang tidak. Dengan mengetahui jumlah langkah, seseorang akan lebih termotivasi untuk semangat berjalan kaki. Apalagi jika seseorang memiliki target-target tertentu, misalnya dengan berjalan 3000 - 5000 langkah per minggu. Hal itu bisa membuat seseorang mencapai atau bahkan memecahkan target.

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang
Ilustrasi proyek pembangunan.

Perkuat Ukhuwah, KEIND Ingin Berkontribusi Lebih untuk Negara

Lebih dari 200 pengurus pusat, pengurus daerah, pengurus luar negeri serta para Dewan KEIND hadir dalam silaturahmi nasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024