Hari Ini 200 Warga Mengikuti Sholat Idul Adha

VIVAnews - Sekitar 200 warga di Desa Cikakap kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah hari ini baru melaksanakan sholat Idul Adha. Pelaksanaan sholat dilaksanakan di masjid Saka Tunggal yang merupakan salah satu masjid cagar budaya di Kabupaten Banyumas.

Topani seorang sesepuh masjid mengatakan, pelaksanaan sholat Idul Adha hari ini, Rabu, 10 Desember 2008 baru dilakukan karena mereka memiliki keyakinan sendiri mengenai waktu pelaksanaan berdasarkan hitungan Aboge atau hitungan jawa kuno.

"Ini hitungan peninggalan nenek moyang. Meski berbeda, kami menghimbau masyarakat agar tidak mempermasalahkan perbedaan," ujar Imam Masjid itu.

Selain perbedaan waktu dengan yang sudah ditetap pemerintah, mereka memiliki keunikan lain seperti takbir yang menggunakan bahasa arab yang dicampur bahasa kuno jawa. Keunikan lainnya dimana khotib saat membacakan ceramah ditutup oleh kain.

Sehingga tidak satupun jemaah yang dapat melihat khotib berkutbah. Tidak hanya itu, usai sholat mereka memakan makanan yang dibawa dari rumah masing-masing. Selesai makan dilajutkan dengan pemotongan hewan kurban, untuk dibagikan.

Laporan: Robbi/tvone/Pekalongan

Bela Nakes yang Dipecat, DPRD Manggarai: Mereka Tak Berlebihan Minta Naik Gaji dari Rp600 Ribu
Warga berjalan menggunakan payung saat hujan di Jakarta. (Foto ilustrasi).

Waspada Hujan Petir Diprediksi Bakal Guyur Jakarta Siang Nanti

Menurut laporan BMKG, untuk cuaca Jakarta saat pagi hari ini akan berawan.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024