Elpiji Langka

Pertamina Jamin Pasokan Aman Pekan Depan

VIVAnews- Pertamina menjamin pasokan Liquified Petroleum Gas (LPG/ elpiji) dari kilang di Cilacap, Jawa Barat akan kembali normal pada pekan depan.

Vice Presiden Gas Domestik Pertamina, Wahyuddin Akbar mengatakan operasi kilang Cilacap terganggu karena sedang memproduksi jenis minyak berat.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Hal itu diungkapkan terkait dengan kelangkaan elpiji 12 kilogram yang tengah merebak di sejumlah wilayah beberapa hari ini.

"Sekarang sudah produksi 300 ton dan bisa mencapai 500 ribu ton lagi dalam seminggu mendatang," ujar dia disela Rapat Dengar Pendapat Dengan Komisi VII DPR Jakarta hari ini.

Saat ini, kata dia, konsumsi elpiji nasional mencapai 6000 metrik ton (MT) per hari namun karena program konversi konsumsi tahun depan diperkirakan melonjak jadi 15.000 ribu MT. Sepanjang 2009 diperkirakan konsumsi akan meningkat 3 juta hingga 3,3 juta MT.

Terkait dengan itu, Direktur Pemasaran dan Niaga Achmad Faisal menuturkan perseroan akan melakukan impor dari elpiji mulai tahun depan dari perusahaan trader di Timur Tengah untuk jangka waktu 10 tahun.

"Kami sudah tender dengan mengundang 16 perusahaan, tetapi harga yang ditawarkan dari trader lebih murah," jelas dia.

Perusahaan-perusahaan yang ikut tender di antaranya Shell, BP, Ednoc, Petronas. Harga yang diperoleh, separuh dengan mekanisme pembayaran Cost Insurance Freight (CIF) dan FoB (Freight On Board). "Mudah-mudahan kontraknya bisa diteken pekan depan," tutur dia.

Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024