Internet Kian Terjangkau

Multiplus Rencanakan Tarif Khusus

Warung internet Multiplus merencanakan tarif sewa internet yang murah di jaringan warnetnya. Bila biasanya warnet itu mengenakan tarif sewa internet yang termasuk mahal, Januari mendatang, Multiplus berencana memberlakukan tarif murah, yaitu Rp 999 per jam.

"Ini adalah tarif termurah di Indonesia," ujar Hariono Ginoto, President jaringan warnet Multiplus, di Jakarta, Kamis 11 Desember 2008. Namun, tarif ini hanya berlaku pada hari Ahad, yang ditetapkan Multiplus sebagai hari khusus Internet.

Boleh jadi, strategi ini dilakukan untuk menyiasati penurunan jumlah pengunjung Warnet pada hari libur. Sebab, di hari kerja, biasanya tarif yang diberlakukan oleh warnet Multiplus bisa berkisar antara Rp 7500 - Rp 12000.

Multiplus adalah jaringan waralaba yang memiliki sekitar 140 gerai yang tersebar di 30 kota. Dari 140 gerai tersebut, 30 di antaranya adalah gerai yang khusus tempat bermain game online.

Menurut Hariono, tarif warnet Multiplus bervariasi sesuai dengan nilai investasi yang ditanamkan oleh para pengusahanya. Investasi yang paling dominan, katanya, adalah di bidang koneksi, baik itu koneksi melalui shared ISP hingga koneksi lewat dedicated VPN.

Menurut Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Tony Chen, hingga kini jurang antara pengguna internet dengan jaringan yang tersedia masih sangat jauh. Dari sekitar 30 juta pengguna Internet, hanya ada sekitar 2 juta pelanggan yang terdaftar. 

Sementara, dari sekitar 250 juta penduduk Indonesia, penetrasi komputer PC masih sangat kecil, yaitu hanya 3 persen. Di Indonesia, kata Tony, hanya tersedia sekitar 7,5 juta PC. 

"Hanya tersedia satu komputer untuk digunakan oleh 1000 siswa di sini," ujar Tony. Di sinilah, warnet memiliki peran penting menjembatani kebutuhan akses internet dengan ketersediaan jaringan. 
 
Sebab, Tony menjelaskan, internet adalah pintu masuk bagi pengentasan jurang digital (digital divide). "Sekitar 43 persen orang Indonesia yang berinteraksi dengan internet, pengalaman pertama mereka adalah melalui warnet," kata Tony. 

Menurut data Asosiasi Warung Internet Indonesia (AWARI) saat ini di seluruh Indonesia sendiri ada sekitar 12 ribu warnet.

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh
Alvina Elysia Dharmawangsa

Mengenal Sepak Terjang Karier Alvina Elysia, Dirut Perempuan di Anak Perusahaan Pupuk Kaltim

Alvina Elysia Dharmawangsa Mengawali karier di tahun 2008 sebagai staff Process Engineer di pabrik Pupuk Kaltim usai menuntaskan pendidikan tingginya dari jurusan Teknik

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024