Ronaldo, Mutiara Lapangan Hijau 2008

VIVAnews - Tercatat 14 penghargaan sepakbola diraih Cristiano Ronaldo sepanjang 2008. Tak dimungkiri, CR7 adalah mutiara lapangan hijau tahun ini.

Mahalini Ungkap Alasan Ingin Segera Dipinang Rizky Febian

Banyak hal terjadi dalam 12 bulan di dunia sepakbola. Banyak pula prestasi tertoreh yang menempatkan seseorang jadi yang terbaik tahun ini.

Dalam daftar yang dirilis Soccerlens, tercantum beberapa nama sebagai yang terbesar di 2008. Selain nama Cristiano Ronaldo, muncul pula nama Lionel Messi dan TSG Hoffenheim.

Cristiano Ronaldo
Pria Portugal ini masuk sebagai nama pertama Terbesar di 2008 karena sederet penghargaan dalam kurun 12 bulan. Tak kurang dari 14 gelar termasuk Liga Champions, Pemain Terbaik Eropa (Ballon d'Or) dan FIFPro Award. Sayangnya, memasuki penghujung paruh musim 2008-2009, CR7 tersandung masalah indisipliner. Ia dikartu merah dalam partai derby melawan Manchester City karena handsball. Dan terakhir 13 Desember lalu, ia dituding sengaja menginjak pemain Tottenham Hotspur.

Lionel Messi
Bila saja pemain Argentina ini fit sepanjang musim, kesaktian Ronaldo pasti tersaingi. Sayangnya, prestasi terbaiknya musim ini hanya menggondol medali emas Olimpiade Beijing. Namun, pria yang pernah menjalani terapi hormon ini juga berhasil masuk nominasi Pemain Terbaik Eropa dan FIFPro Award. Kualitas permainan Messi bahkan
sudah diakui legenda Diego Maradona dan Pele.

Fabio Capello
Mantan pelatih AC Milan dan Juventus ini melakukan sesuatu yang dianggap mustahil oleh sebagian pihak: menukangi Inggris. Penunjukkannya sebagai pelatih sempat menuai protes karena gengsi Negeri Ratu Elizabeth menggunakan pelatih asing. Namun, kemenangan beruntun di Kualifikasi Piala Dunia 2010 dan pertandingan persahabatan, langsung membungkam kritik itu. Don Fabio bahkan berani melarang WAGs (kumpulan istri dan pacar pesepakbola Inggris) ikut dalam tur. Suatu hal yang urung dilakukan para pendahulu Don Fabio. Di tangan pria berkacamata ini, The Three Lions mulai optimis membangun mimpi juara dunia seperti 42 tahun lalu.

TSG Hoffenheim
Kali pertama promosi ke Divisi 1 Bundesliga, HOffenheim langsung menghentak jadi juara paruh musim 2008-2009. Hoffe mengalahkan dominasi klub-klub besar Jerman seperti Bayern Munich, Stuttgart dan Werder Bremen. Menilik sejarah klub asal kota kecil ini, hanya dalam kurun 15 tahun mereka bisa merangkak dari tingkat amatir ke pro.
Hoffe kali pertama ikut Piala Jerman 2003 lalu dan tiga tahun kemudian sudah masuk ke Divisi 2 Bundesliga. Siapa
yang menyangka klub yang jumlah bangku stadionnya lebih banyak dari jumlah penduduknya itu bisa melakukan hal sespektakuler ini?

Ilustrasi mobil hybrid Toyota

Jokowi Beri Sinyal Kelanjutan Insentif Mobil Hybrid

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja memberikan sinyal terkait dengan kelanjutan pemberian insentif untuk mobil Hybrid. Di mana, proses masih dalam tahap pembahasan..

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024