Pelaku Kejahatan Tiru Modus dari Luar Negeri

VIVAnews - Tak hanya aksi lempar sepatu oleh wartawan Irak kepada George W Bush yang latah ditiru, para pelaku kejahatan juga kerap mengambil inspirasi dari peristiwa yang terjadi di luar negeri. Kepala Kepolisian RI, Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengatakan pelaku kejahatan seringkali meniru modus operandi peristiwa yang terjadi di luar negeri.

Polisi, tambah Kapolri, harus waspada. "Sebagaimana kita melihat teror di Mumbai," kata Kapolri saat melantik Kepala Kepolisian Metro Jaya dan Kepala Kepolisian Maluku Utara di Ruang Rapat Utama, Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Kamis 18 Desember 2008. 

Apalagi, dalam waktu dekat Indonesia akan menghadapi pesta demokrasi atau pemilu yang dibayang-bayangi berbagai konflik. "Saya perintahkan kepada anggota Polri untuk melakukan langkah-langkah antisipasi untuk menanggulangi masalah-masalah yang akan timbul. Tantangan Polri ke depannya makin berat," tambah Kapolri.

Perkembangan situasi nasional tentu saja berpengaruh pada stabilitas keamanan. Demikian juga dengan situasi internasional. Keamanan Indonesia, kata Kapolri, mau tak mau terpengaruh krisis ekonomi global yang saat ini terjadi. Bila krisis tak dikelola dengan baik, akan timbul stagnasi di bidang produksi yang berdampak pada pemutusan hubungan kerja. Ujung-ujungnya makin banyak pengangguran, angka kriminalitaspun makin tinggi.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024