Piala AFF 2008

Reid: Kami Hanya Ingin Lolos ke Final

VIVAnews – Di leg 2 babak semifinal Piala AFF 2008, Thailand akan bertindak sebagai tuan rumah. Peter Reid, pelatih Thailand meminta pemainnya untuk tidak terbius dengan kehadiran ribuan penonton di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu, 20 Desember 2008.

Thailand sukses melewati leg 1 dengan hasil sempurna. Di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Desember 2008, Thailand mengalahkan tuan rumah Indonesia 1-0. Dengan hasil itu, Thailand hanya butuh hasil seri di leg 2 untuk memastikan tempat di final.

Di atas kertas, Thailand tentu lebih diunggulkan. Sebab, selain sudah mengantongi kemenangan di leg 1, juara tiga kali Piala AFF itu akan tampil di hadapan publiknya sendiri. Suntikan motivasi dari ribuan warga Thailand tentu akan membuat semangat Datsakorn Thonglao cs berkobar.

Reid pun menyadari hal ini. Namun, dia berharap punggawa-punggawanya tidak terlena dengan kehadiran penonton. Sebab menurutnya, selain datang untuk memberi dukungan, kehadiran suporter bisa menjadi beban bagi pemainnya.

”Saya sudah mengatakan kepada para pemain. Ketika sedang dalam kontrol, mereka harus segera menuntaskan pertentangan yang ada,” kata pelatih Thailand, Peter Reid kepada situs resmi Piala AFF 2008. 

Peluang Thailand untuk berpesta di hadapan publiknya memang terbuka lebar. Pasalnya, saat menjamu Indonesia, Tim Negeri Gajah Putih itu bakal turun dengan kekuatan penuh. Gelandang andalan Thailand, Suree Sukha yang mengalami cedera lutut saat bertemu Indonesia dikabarkan sudah mulai pulih.

”Bukan hal yang mengejutkan bila kami mampu menampilkan sebuah pertunjukan di Bangkok. Tapi, saat ini yang lebih penting adalah kami bisa lolos ke final,” ujar mantan pelatih Manchester City dan Sunderland itu.

Thailand merupakan salah satu tim yang difavoritkan untuk jadi juara pada Piala AFF 2008. Sejak babak penyisihan hingga semifinal, Thailand belum terkalahkan. Gawang juara Grup B itu, bahkan belum sekali pun kebobolan hingga saat ini.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC
Ilustrasi game changer.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Game changer merupakan istilah yang mengacu pada perubahan atau inovasi yang mendasar dalam industri atau pasar yang mengubah dinamika yang ada dan ciptakan standar baru.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024