Polling Internal PDIP

Calon Wakil Jangan Merasa The Real President

VIVAnews-- Megabowono --Megawati Soekarnoputri dan Sri Sultan Hameng Kubuwono X-- terus bergulir melahirkan beragam pendapat, termasuk dari kalangan PDI Perjuangan. Dukungan, misalnya, datang dari Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo, yang juga Ketua Fraksi PDIP di DPR.

Adapun  anggota Badan Pemenangan Pemilu PDI, Ganjar Pranowo, mengaku belum mendengar istilah itu. "Tapi ya bagus juga," kata anggota Komisi Pertanian dan Kehutanan ini kepada VIVAnews, Kamis 18 Desember 2008.

Memang, kata Ganjar, di internal PDIP telah mengerucut lima nama. Mereka adalah Sri Sultan Hamengku Buwono X, mantan Presiden PKS, Hidayat Nur Wahid, Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat, Wiranto, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Golongan Karya, Jusuf Kalla.

Adapun akronim Megabuwono itu muncul setelah jajak pendapat dilakukan PDIP, akhir November 2008. Jajak pendapat ini untuk mencari pasangan Ketua Umum PDIP Megawati untuk bertarung memperebutkan kursi presiden pada Pemilu 2009. Hasilnya, Sultan yang Raja Yogya itu menempati urutan teratas.

Apakah hasil itu menjadi keputusan partai berlambang kepala banteng? "Tidak juga," kata Ganjar. Menurut dia keputusan untuk persoalan yang penting seperti itu tak semata-mata berdasarkan survei internal. "Tetapi juga mengikuti perkembangan survei eksternal," katanya.

Bahkan menurut Ganjar, syarat utama calon wakil presiden di PDIP adalah yang diinginkan Megawati. "Bahwa wakil presidennya tidak boleh merasa menjadi presiden. Kalau merasa presiden, walaupun wakil nanti akan menendang-nendang," katanya. "Jangan sampai nanti ada yang menyebut wakilnya itu the real president."

KPU Ungkap Kubu Anies dan Ganjar Tak Pernah Ajukan Pembatalan Pencalonan Gibran
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU: Andai Anies-Cak Imin Menang, Apa Tetap Persoalkan Pencalonan Gibran?

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyindir kubu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang mempersoalkan pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024