Komputer Jinjing

Trinity, Platform Komputer Mini VIA

VIA Technologies, Inc., perusahaan pembuat chipset, prosesor, dan grafis asal Taiwan yang beroperasi sejak 1987, banyak diperkirakan akan segera tersingkir dari peta persaingan. Tetapi ternyata, mereka kini sudah menyediakan teknologi menarik untuk bersaing di bidang komputer small form factor (SFF) alias komputer berukuran mini seperti nettop ataupun notebook. Adapun teknologi yang ditawarkan namanya Trinity.

Trinity adalah platform yang menjadi satu kesatuan. Terdiri dari kombinasi prosesor VIA Nano, chipset (MSP) VX800 serta chip grafis berbasis S3 Graphics. Platform ini serupa dengan Spider ataupun Dragon milik AMD yang mengombinasikan antara prosesor Athlon atau Phenom, chipset 780/790, serta grafis berbasis Radeon HD 3000 atau 4000 series.

Kombinasi yang tersedia di platform Trinity mampu menghadirkan video high definition, kemampuan memutar film berformat Blu-Ray dan grafis DirectX 10.1 yang hadir pada Windows Vista SP1 pada perangkat berukuran mini.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

VIA Trinity Block Diagram

“Dengan Mini-ITX 2.0, kami menyatakan bahwa ukuran kecil tidak berarti menanggalkan fitur teknologi mutakhir ataupun performa. Platform VIA Trinity merupakan bukti dari filosofi kami mengenai sistem berukuran sangat ringkas,” kata Richard Brown, Vice President of Marketing, VIA Technologies, Inc. pada rilis resminya yang beredar 18 Desember 2008. “Platform ini adalah pembuktian VIA terhadap keahliannya untuk memperkecil ukuran komputer sekaligus menghadirkan pengalaman multimedia definisi tinggi.”

Didesain untuk menghasilkan kinerja performa per watt yang baik, prosesor VIA Nano tersedia mulai dari kecepatan 1 sampai 1,8GHz yang mengonsumsi daya maksimal 5 sampai 25 watt, baik L-series (untuk PC dan notebook), serta U-series untuk komputer desktop ataupun notebook mini. Serupa dengan prosesor Atom yang dimiliki Intel. Chipset IGP yang digunakan mendukung front side bus VIA V4 800MHz. Adapun S3 Graphics Chrome yang menjadi andalan untuk keluaran multimedia mendukung arsitektur DirectX 10.1, OpenGL, dan HDMI yang sudah digunakan pada perangkat multimedia definisi tinggi terbaru.

Prosesor VIA Nano sendiri sudah dimanfaatkan oleh beberapa produsen notebook mini atau netbook. HP, Sylvania, TongFang, dan Everex adalah beberapa vendor yang sudah memiliki produk yang menggunakan prosesor VIA Nano di samping produk berbasis prosesor Intel Atom.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Anies juga merespons soal kemungkinan dirinya bergabung dengan koalisi Prabowo Subianto, termasuk jika ditawari kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024