Ingin Menutup Kartu Kredit

Tanya:
Saat ini, saya memiliki 5 kartu kredit dari bank berbeda. Masalahnya, saya merasa utang saya tidak habis-habis. Akhirnya, saya ingin mengurangi jumlah kartu kredit di dompet saya. Namun, ketika saya menelepon pihak bank untuk menutup  kartu kredit, mereka justru memberikan promosi gratis iuran bulanan selama 6 bulan.

Apakah saya menutup kartu kredit sekarang atau enam bulan mendatang? Apakah, jika memotong kartu kredit dengan gunting, bank tidak bisa lagi membujuk saya untuk  terus menggunakan kartu kredit tersebut? Sebenarnya, berapa jumlah kartu kredit yang sebaiknya saya miliki?

diah_jxxx@yahoo.com

Jawab:

Memang kartu kredit adalah sarana perbankan yang bisa memudahkan kita dalam berbelanja. Akan tetapi bunga kartu kredit yang tinggi membuat bank ‘senang sekali’ membujuk nasabahnya untuk terus menggesek kartunya, sehingga mendapatkan penghasilan dari bunga.

Perlu diketahui, kartu kredit dan KTA atau Kredit Tanpa Agunan merupakan bentuk pinjaman dengan bunga tertinggi. Bunganya sendiri berkisar antara 3 – 3.75% perbulan, bisa dihitung, berapa bunganya setahun. Berkisar antara 36% sampai 45% per tahun. Sekarang, coba dicari, apakah ada investasi yang bisa memberikan return setinggi itu dalam setahun? Kalaupun ada, pastinya jenis investasi yang berisiko tinggi, dan tidak setiap tahun menghasilkan return seperti itu.

Jadi saran saya, segera bayar lunas semua utang kartu kredit Anda, kurangi jumlah kepemilikan kartu kredit anda, dari 5 menjadi 1 saja. Ubah mind set Anda, bahwa kartu kredit bukanlah ‘source of income’ yang bisa menjadi tambahan uang belanja, tapi kartu kredit adalah utang yang bisa digunakan dalam keadaan emergency, bukan untuk membiayai gaya hidup anda sehari hari.

Mengenai pertanyaan Anda, apakah dengan menggunting kartu kredit, apakah bisa menghentikan pihak bank untuk membujuk Anda untuk terus menggunakan kartu kredit tersebut?

Pihak bank dengan sangat mudah untuk menerbitkan kartu kredit baru, walaupun Anda menggunting kartu kredit yang lama. Jadi, jika sudah memutuskan menutup kartu kredit, lebih baik Anda tidak mudah terbujuk tawaran dari bank.

Konsultan:

Fauziah Arsiyanti Fauzan
Financial Planner
First Principal Financial Singapore

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024