Indonesia Raih 4 Emas di Ajang Sains Dunia

VIVAnews - Tim Indonesia kembali menorehkan prestasi di dunia pendidikan internasional. Kali ini, kontingen Indonesia berhasil membawa pulang empat emas dalam ajang International Junior Science Olympiade (IJSO) ke-5 telah dilaksanakan di Gyeongnam, Korea.

Berdasarkan informasi dari Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Departemen Pendidikan Nasional, kontingen Indonesia berhasil meraih empat emas, empat perak, dan satu medali perunggu dalam acara yang berlangsung pada 7 sampai 16 Desember 2008, di Gyeongnam, Korea.

IJSO merupakan ajang kompetisi individu dan tim yang diselenggarakan tiap tahun untuk siswa SMP yang berumur 15 tahun ke bawah. Tahun ini, acara tersebut diikuti 51 negara, dengan jumlah siswa sebanyak 259 orang, dan didampingi oleh 125 Leaders dan 48 Observers.

Sesuai namanya, materi kompetisi adalah sains, yang mencakup biologi, fisika dan kimia. Dalam ajang IJSO ke-5 ini, Indonesia mengirimkan enam orang siswa, yang terdiri dari Andhika Tangguh Pradana (dari SMP Al Azhar Bintaro), Fuad Ikhwanda (dari SMPN I Padang Panjang), Jessica Handojo dan Florensia Irena (dari SMP Santa Ursula Jakarta), Erwin Wibowo (dari SMP Susteran Purwokerto), dan Abidah Rahmah (dari Boarding School Nurul Fikri Serang).

Semua siswa yang dikirimkan Indonesia ke ajang ini berhasil membawa medali dari theoritical competition (individu), yaitu satu medali emas atas nama Andhika Tangguh Pradana, empat medali perak atas nama Fuad Ikhwanda, Jessica Handojo, Florensia Irena, dan Erwin Wibowo, serta satu medali perunggu atas nama Abidah Rahmah. Selain dari theoritical competition, Andhika Tangguh Pradana, Jessica Handojo dan Florensia Irena, juga berhasil menjadikan tim Indonesia sebagai yang terbaik untuk team competition (experimental) dan masing-masing berhak membawa pulang medali emas.

Prestasi dalam team competition (experimental) ini termasuk fenomenal mengingat tim Indonesia berhasil mengungguli tim dari 50 negara lainnya. Atas prestasi yang luar biasa itu, para juara akan memperoleh masing-masing hadiah sebagai berikut:
1. Andhika Tangguh Pradana, Rp 40 juta
2. Fuad Ikhwanda, Rp 30 juta
3. Jessica Handojo, Rp 30 juta
4. Florencia Irena, Rp 30 juta
5. Erwin Wibowo, Rp 30 juta
6. Abidah Rahmah, Rp 20 juta

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024