Pengakuan PM Baru

Kabinet Baru Thailand Tidak Punya Citra Baik

VIVAnews - Perdana Menteri (PM) baru Thailand, Abhisit Vejjajiva, mengaku bahwa Kabinet yang baru dia bentuk ternyata tidak memiliki citra yang baik. Namun ia menjelaskan perlu segera membentuk pemerintahan yang harus berjalan stabil.

Berbicara kepada wartawan di kantor pusat Partai Demokrat, Minggu 21 Desember 2008, Abhisit mengatakan bahwa ia akan terus memperhatikan kritik-kritik terhadap pemerintahannya. PM berusia 44 tahun tersebut sadar bahwa kabinet yang dibentuknya jauh di luar harapan banyak orang.

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

Namun ia telah bertemu dengan kalangan pebisnis untuk memberi penjelasan mengenai hambatan yang dihadapi dalam membentuk kabinet.

"Saya akan melakukan yang terbaik untuk memonitor poin-poin tertentu yang dikhawatirkan dan menegaskan kalau saya akan bekerja dengan integritas untuk terus berupaya menyelesaikan krisis di Thailand. Saya telah mengambil keputusan tentang susunan kabinet berdasarkan kebutuhan akan stabilitas politik sehingga pemerintah dapat segera bekerja," kata Abhisit seperti dikutip laman harian The Nation, Senin 22 Desember 2008.

Beberapa anggota kabinet bentukan Abhisit memang hanya memiliki sedikit pengalaman dalam pemerintahan. Namun Abhisit mengatakan bahwa ia telah meminta mereka agar bersama-sama menciptakan tim kerja yang solid.

Lulusan Oxford University, Inggris ini juga tidak akan mentolerir segala bentuk tindakan korupsi oleh semua anggota kabinet. Abhisit juga menyangkal keras tuduhan bahwa ada pengaruh empat tokoh Partai Demokrat yang disebut "Gang of Four" dalam pembentukan kabinet. "Partai Demokrat tidak memiliki Gang of Four. Saat saya membaca headline sebuah surat kabar pagi ini, saya tidak tahu siapa yang dimaksud mereka dengan Gang of Four," kata Abhisit.

Laporan dalam surat kabar tersebut mengutip perkataan Chalermchai Sri-on, deputi pemimpin Partai Demokrat, yang mengatakan bahwa "Gang of Four" berada di balik pembentukan kabinet. Deputi PM Suthep Thaugsuban, yang juga sekretaris jenderal Partai Demokrat kemarin menyangkal laporan tersebut. "Kami tidak memiliki Gang of Four, kami hanya memiliki kelompok yang terdiri atas 166 anggota parlemen," kata Suthep.

Abhisit mengumumkan anggota-anggota Kabinet baru Thailand pada pada Sabtu malam pekan lalu. Mereka akan resmi dilantik oleh Raja Bhumibol Adulyadej, Senin ini.

Gerakan olahraga russian twist

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Round-up kanal Lifestyle pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang deretan olahraga ringan yang bisa dilakukan setelah lebaran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024